home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Per 24 April, Pesawat Hingga KA Stop Beroperasi dan Kendaraan Pribadi Dilarang Keluar Jabodetabek

Jumat, 24 April 2020 11:48 by muthiasp | 648 hits
Per 24 April, Pesawat Hingga KA Stop Beroperasi dan Kendaraan Pribadi Dilarang Keluar Jabodetabek
Image source: inilahsultra

DREAMERS.ID - Pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan baru terkait operasional transportasi di tengah pandemi corona ini, demi mencegah penyebaran lewat tradisi mudik. Mulai dari pesawat, kapal laut, hingga kereta api yang sudah tidak beroperasi.

Dilansir dari laman Kompas (23/4), Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebutkan bahwa moda transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api dihentikan sementara hingga batas waktu yang ditentukan mulai 24 April atau hari pertama puasa.

Kendaraan bermotor dilarang beroperasi atau keluar dari Jabodetabek hingga 31 Mei, transportasi udara hingga 1 Juni, transportasi laut hingga 8 Juni, dan kereta api hingga 15 Juni.

Untuk kendaraan pribadi roda dua atau empat, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pada jalan tol jalur A Jakarta-Cikampek di KM 31 Cikarang Barat kendaraan pribadi dibelokkan ke Karawang untuk kembali ke Jakarta. Serta mendirikan pos di perbatasan Bekasi Karawang yang dijaga dishub polisi dan TNI.

Untuk penerbangan, PT Angkasa Pura II (Persero) mengatakan bahwa Bandara Soetta sementara berstatus terminate operation. Artinya, Bandara Soetta tidak beroperasi untuk penerbangan komersial atau penumpang umum, baik yang terjadwal maupun tidak terjadwal ke seluruh rute domestik dan internasional.

Baca juga: Belum Tentu Akhir Tahun, Cuti Lebaran Akan Dirapel Bersama Libur Idul Adha?

Tapi bukan berarti bandara ditutup. Hanya beroperasi terbatas melayani penerbangan khusus dan angkutan kargo. Penerbangan khusus yang dimaksud, antara lain untuk pimpinan lembaga tinggi negara Indonesia dan tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional, mengutip CNN.

Untuk kereta api, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menyatakan bahwa perjalanan penumpang antarkota seluruhnya dibatalkan mulai tanggal 24 April - 31 Mei 2020. Tiket yang sudah terlanjur dipesan, nantinya akan dikembalikan. Sedangkan KRL tetap beroperasi tapi secara terbatas.

Lebih lanjut, pemerintah menyiapkan kereta api luar biasa. Kereta api luar biasa itu disiapkan untuk melayani penanganan pencegahan COVID-19 di lintas Jawa dan di Sumatera apabila diperlukan.

Melansir laman detik, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo mengatakan kapal penumpang berhenti operasi sampai 8 Juni 2020. Kecuali kapal yang melayani pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, kapal yang melayani aparatur negara, seperti TNI, Polri, dan ASN, serta kapal nelayan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal dengan Jerinx SID dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali karena postingan di media sosial yang menyebut IDI sebagai kacung WHO (World Helath Organization)....
  • HOT !
    Ike Muti mendadak menjadi sorotan setelah diketahui bahwa dirinya menerima somasi dari Pemprov DKI Jakarta atas unggahan di Instagram dan Twitter yang dinilai menyebar berita bohong....
  • HOT !
    Pada Selasa (28/07), Indonesia mencatat penambahan kasus sebanyak 1.748 orang. Sehingga jumlah akumulasi pasien positif covid 19 telah mencapai 102.051 orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)