home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Tempat Inilah Medan Pertempuran Baru Cina Melawan Corona Dimulai

Rabu, 15 April 2020 19:02 by reinasoebisono | 815 hits
Di Tempat Inilah Medan Pertempuran Baru Cina Melawan Corona Dimulai
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Wuhan di Cina yang jadi lokasi pertama kali ditemukannya virus corona atau COVID-19 memang telah resmi mengakhiri lockdown yang telah dijalankan selama 76 hari untuk menekan penyebaran virus corona pada 8 April lalu.

Namun ada beberapa pihak, bahkan Presiden Xi Jinping yang mengingatkan jika Cina bisa menghadapi fase kedua virus corona. Dan memang, perang melawan virus corona belum usai dan kemenangan belum bisa dirayakan karena Cina menghadapi tantangan baru dengan adanya kenaikan tajam jumlah infeksi baru.

Dalam beberapa hari terakhir, angka infeksi baru merangkak naik menjadi 108 kasus pada Minggu (12/4) di antaranya berasal dari warga Cina yang kembali dari luar negeri. Dan ternyata lebih dari setengahnya masuk ke Cina dari Vladivostok, Rusia.

Mereka masuk ke Provinsi Heilongjiang, di China timur laut, melalui kota perbatasan Suifenhe. Kawasan ini sekarang seakan menjadi medan pertempuran baru melawan wabah virus corona. Kota ini menjadi pintu masuk warga Cina yang pulang dari Rusia.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Flu Biasa Dengan COVID-19 Pada Anak-Anak

Jumlah penduduknya berkisar 100.000 jiwa dan terhubung dengan Rusia melalui jalur kereta dan mobil. Pada Rabu (08/04) pekan lalu misalnya, China melaporkan kasus baru yang berasal dari luar negeri sebanyak 59, 25 di antaranya diketahui terdeteksi di Suifenhe. Kasus semacam ini dinamakan kasus impor karena penularan berasal dari luar negeri, bukan penyebaran sesama warga di dalam suatu daerah.

Kasus impor lain yang diumumkan adalah 66 kasus virus corona yang dialami oleh 66 warga China yang baru saja kembali dari Rusia melalui Manzhouli, kota di kawasan otonomi Mongolia Dalam yang juga dikenal sebagai pintu masuk dari Rusia. Di luar itu, 60 orang yang tiba dari Shanghai dari Rusia melalui jalur udara pada hari Jumat (10/04) juga terinfeksi virus corona.

"Tentu saja saya takut ... sekarang kami tak berani keluar rumah. Banyak yang sudah pergi meninggalkan kota. Tapi kami tak bisa, karena kami harus menjaga toko milik kami," ujar seorang warga Suifenhe kepada BBC via Detik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada awal bulan ini, Big Hit Entertainment telah mengajukan pendaftaran untuk go public di pasar saham. Dan pada 28 September, sudah ditetapkan bahwa harga IPO untuk saham mereka adalah 135.000 won (sekitar 1,7 juta rupiah) per lembar....
  • HOT !
    Setiap orang memiliki mimpi untuk mempunyai rumah idaman yang layak, nyaman dan memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan rumah lainnya. Seperti pasangan dari Seoul ini memiliki rumah unik kecil yang dirancangnya sendiri....
  • HOT !
    Seiring cuaca yang perlahan mendingin menuju musim gugur, Korea Selatan bersiap untuk musim flu yang bertepatan dengan gelombang kedua COVID 19, yang dapat mengakibatkan 'twindemic' yang ditakuti....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)