home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Paling Parah Dalam 10 Tahun, Pengangguran di Negeri Paman Sam Tembus 10 Juta Orang!

Jumat, 03 April 2020 13:07 by reinasoebisono | 571 hits
Paling Parah Dalam 10 Tahun, Pengangguran di Negeri Paman Sam Tembus 10 Juta Orang!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Tak hanya harus menghadapi kerasnya infeksi virus corona, namun Amerika Serikat juga tengah menanggung beban para pengangguran. Bagaimana tidak, status jumlah pengangguran di Negeri Paman Sam kini mencapai titik terburuk.

Utamanya, paling buruk selama 1 dekade atau 10 tahun terakhir. Pasca Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan sepanjang pekan lalu jumlah klaim tunjangan pengangguran mencapai 6.6 juta. Pekan sebelumnya, jumlah klaim tersebut mencapai 3.3 juta.

Jadi jika ditotal, jumlah pengangguran di AS kini mencapai 10 juta jiwa dan lagi-lagi hanya dalam 1 minggu Amerika kembali memecahkan rekor. Tak hanya itu, pada Maret 2020 kemarin, melansir Detik, bahkan disebut sebagai rekor pengangguran bulanan terbanyak dalam 1 dekade terakhir.

Baca juga: Diklaim Efektif 70-90 Persen, Ini Daftar Harga Vaksin COVID-19 dari Termahal hingga Termurah

Sebagai catatan, rekor klaim pengangguran hanya sebesar 695.000 dalam sepekan di tahun 1982. Bahkan saat resesi pada 2008 jumlah klaim masih belum memecahkan rekor tersebut yakni sebanyak 665.000 dalam sepekan. Melihat data-data di atas, para ekonom meyakini kondisi ini bisa lebih parah pada bulan April ini.

"Pesan utamanya adalah bahwa kondisi pasar tenaga kerja mulai terpuruk sejak Maret lalu, dengan laporan dua minggu terakhir lalu, kita tahu bahwa bulan April akan menjadi bencana bagi pasar tenaga kerja. Bulan ini, mungkin akan terjadi peningkatan jumlah pengangguran hingga 10% dari jumlah bulan Maret kemarin," ujar Kepala Ekonom dari Barclays, Michael Gapen.

"Ini menandai akhir dari ekspansi terpanjang dalam sejarah AS," tutup Gapen.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi daerah yang kemungkinan terkena hujan es batu. Tomi Ilham mengatakan hujan es baru bisa dideteksi setengah jam sebelum kejadian....
  • HOT !
    Presiden China Xi Jinping pada tanggal Rabu (25/11) kemarin, telah menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terbaru Amerika Serikat, Joe Biden atas kemenangnya dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2020....
  • HOT !
    Baru baru ini, KPK telah menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Ia ditangkap bersama sang istri dan 13 orang lainya di Bandara Internasional Soekarno Hatta setibanya dari Amerika Serikat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)