home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Klaim Unair Temukan Senyawa Baru Obat Virus Corona yang Lebih 'Powerful'

Kamis, 02 April 2020 06:00 by reinasoebisono | 903 hits
Klaim Unair Temukan Senyawa Baru Obat Virus Corona yang Lebih 'Powerful'
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang, semakin banyak pihak yang membantu dalam menemukan obat mau pun vaksinnya. Seperti yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Rektor Unair, Mohammad Nasih mengklaim telah menemukan 5 jenis senyawa yang bisa jadi obat penyembuhan COVID-19, bahkan dikatakan memiliki daya ikat kepada virus lebih kuat dibandingkan Avigan dan obat malaria Klorokuin yang diborong Presiden Jokowi sebelumnya.

"Saat ini kami sudah memperoleh 5 senyawa yg menurut hasil riset kami Insya Allah lebih kuat ikatannya dibandingkan dengan Chloroquine untuk penangan Covid-19," kata Nasih saat ditemui di Gedung Rektorat Unair, Rabu (1/4).

"Tapi tidak bisa langsung memproses karena masih ada 2 tahapan yang harus dilakukan," ujarnya.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Nasih mengatakan, via laman CNN Indonesia, dalam waktu dekat hasil penelitian Unair ini akan dituangkan dalam sebuah jurnal ilmiah dan dipublikasikan secara internasional. Dengan begitu, para peneliti di dunia bisa menguji pula kredibilitas 5 senyawa tersebut.

Termasuk pula memberikan koreksi serta masukan untuk mencapai sebuah keabsahan hasil penelitian. Setelah jurnal tersebut dikoreksi para ahli dan dibahas di forum internasional, maka tahap selanjutnya adalah pengujian rekasi secara langsung terhadap virus corona.

"Akademisi bisa berdebat dan bisa teruji. Isu-isu tentang corona bisa dilakukan dengan tajam dan ilmiah. Ini sedang diproses jurnal ilmiahnya," kata Nasih.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)