SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Klaim Unair Temukan Senyawa Baru Obat Virus Corona yang Lebih 'Powerful'

Kamis, 02 April 2020 06:00 by reinasoebisono | 861 hits
Klaim Unair Temukan Senyawa Baru Obat Virus Corona yang Lebih 'Powerful'
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang, semakin banyak pihak yang membantu dalam menemukan obat mau pun vaksinnya. Seperti yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Rektor Unair, Mohammad Nasih mengklaim telah menemukan 5 jenis senyawa yang bisa jadi obat penyembuhan COVID-19, bahkan dikatakan memiliki daya ikat kepada virus lebih kuat dibandingkan Avigan dan obat malaria Klorokuin yang diborong Presiden Jokowi sebelumnya.

"Saat ini kami sudah memperoleh 5 senyawa yg menurut hasil riset kami Insya Allah lebih kuat ikatannya dibandingkan dengan Chloroquine untuk penangan Covid-19," kata Nasih saat ditemui di Gedung Rektorat Unair, Rabu (1/4).

"Tapi tidak bisa langsung memproses karena masih ada 2 tahapan yang harus dilakukan," ujarnya.

Baca juga: Contek Tips Menolak Tamu Kala Pandemi Ala Imam Besar Istiqlal Nasarudin Umar

Nasih mengatakan, via laman CNN Indonesia, dalam waktu dekat hasil penelitian Unair ini akan dituangkan dalam sebuah jurnal ilmiah dan dipublikasikan secara internasional. Dengan begitu, para peneliti di dunia bisa menguji pula kredibilitas 5 senyawa tersebut.

Termasuk pula memberikan koreksi serta masukan untuk mencapai sebuah keabsahan hasil penelitian. Setelah jurnal tersebut dikoreksi para ahli dan dibahas di forum internasional, maka tahap selanjutnya adalah pengujian rekasi secara langsung terhadap virus corona.

"Akademisi bisa berdebat dan bisa teruji. Isu-isu tentang corona bisa dilakukan dengan tajam dan ilmiah. Ini sedang diproses jurnal ilmiahnya," kata Nasih.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Guinness World Records telah banyak mencatat rekor di dunia, salah satunya adalah pria tertua di dunia. Namun, pada Kamis (28/05) pria tertua di dunia bernama Bob Weighton dikabarkan telah meninggal dunia karena penyakit kanker....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan pandemi virus corona, walaupun saat ini sedang ada gelombang kedua dari kluster kelab dan karaoke. Presiden Moon Jae In pun memberikan update tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah....
  • HOT !
    PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Menyusul hal tersebut, puluhan pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan untuk buka sehari setelahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)