SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Masih Dikaji, Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Sudah Terapkan Karantina Lokal

Senin, 30 Maret 2020 11:15 by muthiasp | 534 hits
Jakarta Masih Dikaji, Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Sudah Terapkan Karantina Lokal
Image source: VOA Indonesia

DREAMERS.ID - Selain social distancing atau jarak sosial, ada pilihan karantina atau lockdown guna menekan angka penyebaran virus corona. Lockdown pun tidak harus nasional, karena beberapa wilayah di Indonesia sudah menerapkan karantina lokal.

Dengan diterapkannya karaktina lokal atau local lockdown diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran, setidaknya di wilayah tersebut. Berikut daftar wilayah yang sudah menerapkan karantina lokal, melansir Kompas.

Tegal

Per Senin (30/03), Dedy Yon Supriyono selaku wali kota Tegal mulai memberlakukan karantina lokal dengan menutup akses masuk ke Tegal yang akan berlangsung selama empat bulan sampai 30 Juli 2020 mendatang. Pemerintah kota menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 M untuk membantu warga miskin yang terdampak.

Tasikmalaya

Baca juga: Kasus Corona di Indonesia per 29 Mei Tembus 25.000 Kasus, New Normal Tetap Diterapkan?

Setelah ditemukannya kasus corona di Tasikmalaya, wali kota Budi Budiman juga memutuskan untuk me-lockdown wilayahnya mulai Selasa (31/03). Seluruh angkutan umum atau sarana transportasi akan dilarang memasuki wilayah Kota Tasikmalaya. Pihaknya akan membentuk pos-pos penjagaan di setiap akses masuk ke dalam kota.

Papua

Papua diketahui lebih dahulu menutup akses utama dari Bandara Sentani per Kamis (26/03) kemarin sampai 9 April mendatang, terkecuali untuk angkutan barang logistik, pasien darurat, dan sampel swab, berdasarkan keterangan Kapolres Jayapura AKBP Victor Makbon.

Sedangkan, Jakarta dengan kasus corona terbanyak di Indonesia masih mengkaji lebih dalam opsi karantina wilayah dengan sejumlah pihak, karena banyak aspek yang harus diperhatikan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan akan melakukan simulasi pengamanan penutupan jalan keluar masuk Jakarta.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Guinness World Records telah banyak mencatat rekor di dunia, salah satunya adalah pria tertua di dunia. Namun, pada Kamis (28/05) pria tertua di dunia bernama Bob Weighton dikabarkan telah meninggal dunia karena penyakit kanker....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan pandemi virus corona, walaupun saat ini sedang ada gelombang kedua dari kluster kelab dan karaoke. Presiden Moon Jae In pun memberikan update tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah....
  • HOT !
    PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Menyusul hal tersebut, puluhan pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan untuk buka sehari setelahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)