home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Gambaran Kerusakan Parah Paru-Paru Pasien Terjangkit Corona

Kamis, 26 Maret 2020 09:40 by muthiasp | 14985 hits
Begini Gambaran Kerusakan Parah Paru-Paru Pasien Terjangkit Corona
Image source: cnet

DREAMERS.ID - Virus corona atau COVID-19 adalah keluarga virus SARS yang menyerang paru-paru sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Lantas, bagaimana gambaran kerusakan paru-paru pasien corona?

Dilansir dari laman cnet, seorang ilmuwan dan Chief of Thoracic Surgery di George Washington University Hospital, dr. Keith Mortman, menggunakan teknologi VR untuk menggambarkan paru-paru terinfeksi corona dari CT Scan seorang pasien, dan membagikannya ke publik.

"Jadi pasien ini adalah seorang pria berusia akhir 50-an, yang awalnya mengalami demam dan batuk seperti banyak orang lain. Dia datang ke rumah sakit terdekat dengan gejala pernapasan, namun terus berkembang cukup cepat, ke titik di mana dia harus diinkubasi dan memakai ventilator," kata Dr. Mortman, seperti dikutip KOKH Fox 25, melansir Kumparan.

Baca juga: Permintaan Klien Sultan, Masker Termahal di Dunia Seharga Rp 22,5 Miliar

Dalam simulasi video yang diunggah ke Youtube, dapat melihat jaringan paru-paru sehat berwarna biru, dan jaringan paru-paru yang terinfeksi virus berwarna kuning. Ada perbedaan yang sangat mencolok antara paru-paru abnormal yang terinfeksi virus dan jaringan paru-paru yang lebih sehat.

"Sangat mengejutkan untuk melihatnya. Karena tidak seperti varietas pneumonia yang mungkin mempengaruhi hanya satu bagian kecil paru-paru, atau tidak seperti flu biasa, apa yang Anda lihat dalam video ini sebenarnya adalah kerusakan luas pada paru-paru," terangnya.

Mortman mengatakan dia sangat khawatir tentang kemungkinan kerusakan paru-paru jangka panjang bagi mereka yang selamat dari COVID-19. Untuk itu, Mortman membagikan video ini guna menjadi pelajaran bagi publik terkait bahaya corona.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi daerah yang kemungkinan terkena hujan es batu. Tomi Ilham mengatakan hujan es baru bisa dideteksi setengah jam sebelum kejadian....
  • HOT !
    Presiden China Xi Jinping pada tanggal Rabu (25/11) kemarin, telah menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terbaru Amerika Serikat, Joe Biden atas kemenangnya dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2020....
  • HOT !
    Baru baru ini, KPK telah menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Ia ditangkap bersama sang istri dan 13 orang lainya di Bandara Internasional Soekarno Hatta setibanya dari Amerika Serikat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)