SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Gambaran Kerusakan Parah Paru-Paru Pasien Terjangkit Corona

Kamis, 26 Maret 2020 09:40 by muthiasp | 14932 hits
Begini Gambaran Kerusakan Parah Paru-Paru Pasien Terjangkit Corona
Image source: cnet

DREAMERS.ID - Virus corona atau COVID-19 adalah keluarga virus SARS yang menyerang paru-paru sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Lantas, bagaimana gambaran kerusakan paru-paru pasien corona?

Dilansir dari laman cnet, seorang ilmuwan dan Chief of Thoracic Surgery di George Washington University Hospital, dr. Keith Mortman, menggunakan teknologi VR untuk menggambarkan paru-paru terinfeksi corona dari CT Scan seorang pasien, dan membagikannya ke publik.

"Jadi pasien ini adalah seorang pria berusia akhir 50-an, yang awalnya mengalami demam dan batuk seperti banyak orang lain. Dia datang ke rumah sakit terdekat dengan gejala pernapasan, namun terus berkembang cukup cepat, ke titik di mana dia harus diinkubasi dan memakai ventilator," kata Dr. Mortman, seperti dikutip KOKH Fox 25, melansir Kumparan.

Baca juga: Inikah 10 Hal 'New Normal' yang Harus Dijalani di TransJakarta Kala Transisi PSBB Corona?

Dalam simulasi video yang diunggah ke Youtube, dapat melihat jaringan paru-paru sehat berwarna biru, dan jaringan paru-paru yang terinfeksi virus berwarna kuning. Ada perbedaan yang sangat mencolok antara paru-paru abnormal yang terinfeksi virus dan jaringan paru-paru yang lebih sehat.

"Sangat mengejutkan untuk melihatnya. Karena tidak seperti varietas pneumonia yang mungkin mempengaruhi hanya satu bagian kecil paru-paru, atau tidak seperti flu biasa, apa yang Anda lihat dalam video ini sebenarnya adalah kerusakan luas pada paru-paru," terangnya.

Mortman mengatakan dia sangat khawatir tentang kemungkinan kerusakan paru-paru jangka panjang bagi mereka yang selamat dari COVID-19. Untuk itu, Mortman membagikan video ini guna menjadi pelajaran bagi publik terkait bahaya corona.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Tengah malam nanti, Indonesia dapat menikmati gerhana bulan yang ternyata bukan gerhana bulan biasa, lho! Pusat Sains Antariksa LAPAN (Lembaga Penerbangan dna Antariksa Nasional) menjelaskan jika yang akan muncul nanti malam adalah Gerhana Bulan Penumbra....
  • HOT !
    Nama George Floyd sudah mendunia karena memicu protes yang terbanyak di Amerika Serikat setelah dirinya meregang nyawa karena penanganan polisi Minneapolis yang dianggap sebagai bentuk rasis. Peristiwa ini menyulut amarah seluruh warga di dunia....
  • HOT !
    Pada Jumat (28/05), Achmad Yurianto kembali mengumumkan mengenai perkembangan kasus virus corona di Indonesia per tanggal 29 Mei Indonesia kembali mencatat adanya penambahan kasus pasien yang positif terinfeksi virus corona sebanyak 678 pasien....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)