home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Malaysia Sudah Lakukan, Perlukah Indonesia Menyusul Terapkan Lockdown?

Selasa, 17 Maret 2020 13:00 by reinasoebisono | 521 hits
Malaysia Sudah Lakukan, Perlukah Indonesia Menyusul Terapkan Lockdown?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah Malaysia akhirnya mengeluarkan kebijakan lockdown alias menutup total negaranya selama dua minggu, mulai Rabu 18 Maret hingga Selasa 31 Maret 2020. Kebijakan ini diberlakukan setelah kasus virus corona atau COVID-19 mencapai angka 533.

Malaysia merupakan negara dengan kasus COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin pun mengatakan jika pemerintah tidak bisa menunggu lebih lama sampai situasi semakin memburuk.

"Pemerintah memantau situasi yang terjadi dengan serius, khususnya perkembangan dari gelombang kedua (infeksi virus corona)," kata Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin dikutip dari South China Morning Post via Tempo. "Ini adalah satu-satunya cara bagi kami untuk mencegah lebih banyak orang terinfeksi,"

Lalu apakah Indonesia perlu mengikuti jejak Malaysia tersebut? Pengamat Ekonomi, melansir Detik, mengatakan secara tidak langsung sebenarnya Indonesia terutama Jakarta sudah menerapkan semi lockdown. Mengingat sejumlah pekerjaan dan kegiatan belajar dilakukan dari rumah.

"Sebenarnya sekarang sudah lockdown di jalanan kan sudah menyepi, lalu lintas setengahnya lah dari biasanya. PNS, sekolah juga sudah diliburkan, tempat wisata ditutup jadi sudah semi lockdown," kata David.

Baca juga: Ada Faktor Masyarakat, Ini Penjelasan Pemerintah Kenapa Kasus COVID-19 Terus Naik

"Menurut saya semi lockdown sudah cukup bagus menghindari penyebaran (virus corona) sehingga infrastruktur rumah sakit kita sanggup menangani," terangnya.

Secara terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyebut memutuskan untuk lockdown bukanlah hal mudah mengingat harus ada berbagai persiapan yang dilakukan pemerintah.

"Lockdown itu harus dengan pertimbangan yang sangat matang. Benar-benar detail bukan asal kebijakan," sebutnya.

"Kita tidak ingin lockdown, yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah isolasi secara terbatas. Tapi ini harus diikuti dengan benar-benar kedisiplinan masyarakat karena sebenarnya virus corona ini bukan masalah mematikan atau tidak, tapi lebih kepada virus ini sangat cepat menular, itu yang berbahaya," lanjutnya

Karenanya untuk sekarang, ia mengajak masyarakat agar mematuhi arahan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar dan mengurangi kontak secara fisik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Nama artis Ike Muti belakangan jadi perbincangan setelah menerima somasi langsung dari Pemprov DKI Jakarta. Ia mengaku harus menghapus fotonya dengan Presiden Joko Widodo sebagai syarat untuk menerima proyek garapan film webseries yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta....
  • HOT !
    Mungkin banyak orang bertanya tanya seperti apa isi dapur istana presiden yang menjadi salah satu tempat penting. Rupanya tidak semegah atau mewah seperti yang dibayangkan....
  • HOT !
    Wiku Adisasmito yang juga Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID 19 menjelaskan mengapa kasus pasien yang terkonfirmasi positif virus corona itu terus bertambah di Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)