SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Kabar Nasib Jemaah yang Telah Setor Dana Sementara Arab Saudi Tangguhkah Visa Umrah?

Kamis, 27 Februari 2020 16:26 by reinasoebisono | 871 hits
Apa Kabar Nasib Jemaah yang Telah Setor Dana Sementara Arab Saudi Tangguhkah Visa Umrah?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengeluarkan aturan soal penangguhan sementra izin visa untuk tujuan Umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi. Kebijakan ini otomatis menghambat keberangkatan para jemaah Umrah dan mulai berlaku Kamis (27/2).

Pertanyaan lanjutan adalah bagaimana nasib para jemaah yang telah menyetorkan dana? Sekretaris Jenderal Asosiai Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Firman M Nur mengatakan jika dana nasabah berada dalam kondisi aman.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan berkoordinasi dengan maskapai penerbangan dan hotel di Arab Saudi untuk bisa melakukan penjadwalan ulang melansir Kompas.

Kami dari asosiasi melakukan pendampingan anggota kami, PPU (Penyelenggara Perjalanan Umrah) agar tidak timbul kerugian akibat kebijakan ini. Karena kerugian PPU akan berefek ke jemaah," ujar Firman.

Baca juga: Pukulan Telak Di Tahun Berat Arab Saudi, Umrah Sepanjang 2020 Ditunda

"Kami berharap stakeholder dan airline bisa memahami dan melakukan pendekatan yang baik untuk dana-dana yang sudah disetorkan, karena dana-dana itu adalah dana nasabah. Dan kami juga organisir dengan hotel di Arab Saudi untuk melakukan penjadwalan ulang dan mengkaji deposit PPU ke mereka," lanjut dia.

Firman mengatakan, meski wabah virus corona mulai merebak di awal tahun, hal itu tidak berpengaruh kepada minat jemaah melakukan ibadah Umrah. Setiap bulannya, mulai 2020, sekitar 80 ribu hingga 100 ribu nasabah yang berangkat ke Aab Saudi.

Tak hanya visa Umrah, Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona. Pihaknya juga menyebutkan jika otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantak perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah megara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan ini juga disebut harus dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan Umrah maupun wisata.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Bertambah hingga seratusan, total kasus positif virus corona atau COVID 19 di Indonesia menjadi 1.285. Data ini dikumpulkan pemerintah hingga pukul 12.00 WIB hari ini, Minggu (29/3). Sehingga dibanding data sebelumnya, ada penambahan lebih dari 120 kasus....
  • HOT !
    Saat ini banyak masyarakat yang banyak memanfaatkan jasa pesan antar untuk memesan makanan di tengah mengisolasikan diri di tengah wabah virus corona yang semakin menyebar luas. Namun, bagaimana jika ada orang yang menggunakan binatang peliharaannya untuk membelikan makanan?...
  • HOT !
    Beberapa hari belakangan, masyarakat Korea dihebohkan dengan terungkapnya grup chat Telegram porno bernama Nth Room. Menyusul tertangkapnya admin sekaligus menjadi tersangka utama, Cho Joo Bin, membuat satu demi satu fakta dari grup chat ini terbongkar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)