home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Respon Kemenkes Soal Kabar WN Jepang Positif Virus Corona Setelah Berkunjung Ke Indonesia

Senin, 24 Februari 2020 12:26 by reinasoebisono | 616 hits
Respon Kemenkes Soal Kabar WN Jepang Positif Virus Corona Setelah Berkunjung Ke Indonesia
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Beredar kabar yang cukup meresahkan di mana seorang warga negara Jepang dilaporkan mengidap virus corona pasca rkunjung ke Indonesia. Pihak Kementerian Kesehatan pun mengaku tak ingin gegabah dan lebih berhati-hati dalam merespon serta menindaklanjuti informasi terkait penyebara virus corona atau Covid-19.

Via Kompas, Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan, Busroni mengatakan, hal ini harus ditelusuri dengan teliti, termasuk riwayat perjalanan yang bersangkutan. Terlebih, WN Jepang itu sudah mengalami gejala flu sejak sebelum bertolak ke Indonesia.

"Belum ada tanggapan, karena dia belum jelas riwayat perjalanannya ke mana saja. Jadi itu masih belum bisa dikonfirmasi. Karena kita mengonfirmasi terkait dengan suatu kasus itu harus jeli betul, karena itu dipertimbangkan oleh negara tersebut dan juga WHO," kata Busroni.

Busroni menekankan, riwayat perjalanannya harus diketahui dengan jelas agar bisa dikonfirmasi dari mana ia mendapatkan virus tersebut. Karena, infeksi tersebut belum tentu didapatkan dari Indonesia sebagaimana terjadi dengan turis yang berkunjung ke Bali dan terkena virus corona.

Baca juga: Update Pergub Baru: Bisa Didenda Sampai Satu Juta Jika Tak Pakai Masker Berulang?

"Ingat enggak dengan turis yang dari Bali itu, ternyata kenanya di Shanghai. Itulah namanya riwayat, harus jelas," kata Busroni.

Perlu diingat, pada turis di Bali itu, yang seorang pria berusia 60.an tahun adalah staf dasilitas perawatan lansia yang sempat mengunjungi sebuah institus kesehatan pada 12 Februari 2020 dan mengalami ‘gejala-gejala seperti flu’. Ia kembali ke rumah karena tidak didiagnosa mengidap pneumonia.

13-14 Februari 2020, ia kembali bekerja. Di tanggal 15 Februari 2020, pria tersebut berkunjung ke Indonesia bersama keluarganya untuk liburan. Sayangnya, NHK tidak melaporkan secara rinci ke mana saja pria itu bepergian selama di Indonesia, padahal informasi itu dinilai penting bagi pihak Indonesia untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Beberapa hari di Indonesia, pria itu kembali ke Jepang pada 19 Februari 2020, dan mengalami kesulitan bernapas yang parah dan disebut mengalami "kondisi serius".

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah telah mengumumkan keputusan melalui Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang disampaikan oleh Ida Fauziah, bahwa pada tahun 2021 mendatang tidak ada kenaikan upah minimum. Berarti, tidak ada kenaikan upah minimum provinsi (UMP), atau pun upah minimum kabupaten/kota (UMK)....
  • HOT !
    Bilingual merupakan kemampuan seseorang yang bisa bicara dua bahasa yang berbeda. Buktinya, kemampuan bilingual tidak hanya berguna untuk kebutuhan berkomunikasi dan memperluas jejaring, tetapi juga untuk kesehatan otak....
  • HOT !
    Pada Sabtu (24/10) kemarin, Jusuf Kalla mendampingi penandatanganan naskah perjanjian kerja sama (PKS) pendirian dan pembangunan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia, yang disebutnya akan menjadi ikon baru Jakarta....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)