SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Respon Kemenkes Soal Kabar WN Jepang Positif Virus Corona Setelah Berkunjung Ke Indonesia

Senin, 24 Februari 2020 12:26 by reinasoebisono | 594 hits
Respon Kemenkes Soal Kabar WN Jepang Positif Virus Corona Setelah Berkunjung Ke Indonesia
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Beredar kabar yang cukup meresahkan di mana seorang warga negara Jepang dilaporkan mengidap virus corona pasca rkunjung ke Indonesia. Pihak Kementerian Kesehatan pun mengaku tak ingin gegabah dan lebih berhati-hati dalam merespon serta menindaklanjuti informasi terkait penyebara virus corona atau Covid-19.

Via Kompas, Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan, Busroni mengatakan, hal ini harus ditelusuri dengan teliti, termasuk riwayat perjalanan yang bersangkutan. Terlebih, WN Jepang itu sudah mengalami gejala flu sejak sebelum bertolak ke Indonesia.

"Belum ada tanggapan, karena dia belum jelas riwayat perjalanannya ke mana saja. Jadi itu masih belum bisa dikonfirmasi. Karena kita mengonfirmasi terkait dengan suatu kasus itu harus jeli betul, karena itu dipertimbangkan oleh negara tersebut dan juga WHO," kata Busroni.

Busroni menekankan, riwayat perjalanannya harus diketahui dengan jelas agar bisa dikonfirmasi dari mana ia mendapatkan virus tersebut. Karena, infeksi tersebut belum tentu didapatkan dari Indonesia sebagaimana terjadi dengan turis yang berkunjung ke Bali dan terkena virus corona.

Baca juga: Mengintip 'Bingkisan' Manis Pemerintah Korea Selatan untuk Warganya Selama Wabah Corona

"Ingat enggak dengan turis yang dari Bali itu, ternyata kenanya di Shanghai. Itulah namanya riwayat, harus jelas," kata Busroni.

Perlu diingat, pada turis di Bali itu, yang seorang pria berusia 60.an tahun adalah staf dasilitas perawatan lansia yang sempat mengunjungi sebuah institus kesehatan pada 12 Februari 2020 dan mengalami ‘gejala-gejala seperti flu’. Ia kembali ke rumah karena tidak didiagnosa mengidap pneumonia.

13-14 Februari 2020, ia kembali bekerja. Di tanggal 15 Februari 2020, pria tersebut berkunjung ke Indonesia bersama keluarganya untuk liburan. Sayangnya, NHK tidak melaporkan secara rinci ke mana saja pria itu bepergian selama di Indonesia, padahal informasi itu dinilai penting bagi pihak Indonesia untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Beberapa hari di Indonesia, pria itu kembali ke Jepang pada 19 Februari 2020, dan mengalami kesulitan bernapas yang parah dan disebut mengalami "kondisi serius".

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Hingga berita ini ditulis, pandemi atau wabah virus crona di Indonesia telah menewaskan 209 orang. Tak hanya dari segi kesehatan dan sosial, namun dari segi pendapatan pun berimbas besar pada pekerja dengan penghasilan harian, seperti ojek online atau ojol....
  • HOT !
    Pada Senin (6/4), data pasien virus corona di Indonesia telah mencapai 2.491 kasus. Hal ini berarti terjadi penambahan sebanyak 218 kasus, setelah pada hari Minggu (05/04) kasus corona di Indonesia tercatat sebanyak 2.273 kasus....
  • HOT !
    Tiga dokter pahlawan kemanusiaan yang bertugas dan meninggal karena virus corona diumumkan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) pada hari Minggu (4/4)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)