SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketika Perang Dagang Berakhir: Amerika Atau Cina yang Lebih Untung?

Jumat, 17 Januari 2020 11:17 by reinasoebisono | 771 hits
Ketika Perang Dagang Berakhir: Amerika Atau Cina yang Lebih Untung?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Di tengah ketegangan isu ‘perang’ di antaranya adalah Amerika-Iran dan prahara wilayah Laut Cina Selatan di Natuna, ternyata Amerika Serikat dengan Cina telah menandatangani perjanjian dagang. Dengan berbagai kesepakatan, perang dagang pun berakhir. Untuk sementara. Namun siapa di antara keduanya yang lebih diuntungkan?

Melansir Detik, nyatanya banyak elemen dari kesepakatan tersebut yang akan membuat ekonomi Cina lebih kuat. Cina juga diprediksi akan lebih inovatif dari kesepakatan yang dibuat. Cina akan menahan diri dari memaksa perusahaan asing yang beroperasi di negaranya, serta mentrasfer teknologi mereka ke perusahaan domestik.

Ekonomi Cina juga dinilai akan mendapat dorongan jangka pendek. Seperti lebih banyak pengeluaran oleh pemerintah daerah, pajak yang lebih rendah dan lebih banyak kredit bank. Gencatan senjata yang dilakukan juga dapat membantu mengurangi kemerosotan sentimen bisnis dan investasi di Cina.

Baca juga: Sosok Ibrahim Baycora: Kepala Polisi Muslim Pertama di Amerika, Ucap Sumpah di Atas Al-Quran

Namun di sisi lain, perjanjian fase satu ini dinilai tidak menyelesaikan banyak masalah. Sehingga ketegangan antara Amerika-Cina masih bisa berlanjut sewaktu-waktu. Namun setidaknya gencatan senjata masih lebih baik daripada perang tarif terus dilakukan.

Dari kesepakatan itu, Cina telah setuju utuk meningkatkan pembelian produk dari Amerika Serikat untuk meredakan kemarahan Presiden Donald Trump. Kesepakatan ini diharapkan akan membawa beberapa perubahan signifikan untuk ekonomi Amerika meski efek jangka panjangnya diperkirakan akan menguntungkan Cina.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Tobias Ratjhen, yang ditemukan tewas di rumahnya, diidentifikasi sebagai pelaku penembakan di Hanau, Jerman yang dari berbagai informasi yang dihimpun mengakibatkan 9 orang tewas. Pertanyaan lebih lnajut tentu muncul mengenai motif penembakan brutal Ratjhen....
  • HOT !
    Pemerintah Kota Seoul akan secara finansial mendukung 1.500 rumah tangga yang tinggal di apartemen semi basement seperti yang digambarkan dalam film pemenang penghargaan Oscar ‘Parasite’ yang disutradarai Bong Joon Ho....
  • HOT !
    Lembaga survei Indo Barometer mengeluarkan hasil dari 3 periode Gubernur DKI Jakarta, yitu di kepemimpinan Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan, Basuki atau Ahok lah yang dianggap paling berhasil tangani banjir dibandingkan lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)