SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketika Perang Dagang Berakhir: Amerika Atau Cina yang Lebih Untung?

Jumat, 17 Januari 2020 11:17 by reinasoebisono | 782 hits
Ketika Perang Dagang Berakhir: Amerika Atau Cina yang Lebih Untung?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Di tengah ketegangan isu ‘perang’ di antaranya adalah Amerika-Iran dan prahara wilayah Laut Cina Selatan di Natuna, ternyata Amerika Serikat dengan Cina telah menandatangani perjanjian dagang. Dengan berbagai kesepakatan, perang dagang pun berakhir. Untuk sementara. Namun siapa di antara keduanya yang lebih diuntungkan?

Melansir Detik, nyatanya banyak elemen dari kesepakatan tersebut yang akan membuat ekonomi Cina lebih kuat. Cina juga diprediksi akan lebih inovatif dari kesepakatan yang dibuat. Cina akan menahan diri dari memaksa perusahaan asing yang beroperasi di negaranya, serta mentrasfer teknologi mereka ke perusahaan domestik.

Ekonomi Cina juga dinilai akan mendapat dorongan jangka pendek. Seperti lebih banyak pengeluaran oleh pemerintah daerah, pajak yang lebih rendah dan lebih banyak kredit bank. Gencatan senjata yang dilakukan juga dapat membantu mengurangi kemerosotan sentimen bisnis dan investasi di Cina.

Baca juga: Tuai Kecaman Dunia, Ini Kronologi Kematian Pria Kulit Hitam George Floyd yang Tewas 'Diinjak' Polisi

Namun di sisi lain, perjanjian fase satu ini dinilai tidak menyelesaikan banyak masalah. Sehingga ketegangan antara Amerika-Cina masih bisa berlanjut sewaktu-waktu. Namun setidaknya gencatan senjata masih lebih baik daripada perang tarif terus dilakukan.

Dari kesepakatan itu, Cina telah setuju utuk meningkatkan pembelian produk dari Amerika Serikat untuk meredakan kemarahan Presiden Donald Trump. Kesepakatan ini diharapkan akan membawa beberapa perubahan signifikan untuk ekonomi Amerika meski efek jangka panjangnya diperkirakan akan menguntungkan Cina.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Guinness World Records telah banyak mencatat rekor di dunia, salah satunya adalah pria tertua di dunia. Namun, pada Kamis (28/05) pria tertua di dunia bernama Bob Weighton dikabarkan telah meninggal dunia karena penyakit kanker....
  • HOT !
    Korea Selatan termasuk negara yang cukup berhasil melawan pandemi virus corona, walaupun saat ini sedang ada gelombang kedua dari kluster kelab dan karaoke. Presiden Moon Jae In pun memberikan update tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah....
  • HOT !
    PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah DKI Jakarta akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Menyusul hal tersebut, puluhan pusat perbelanjaan atau mal dijadwalkan untuk buka sehari setelahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)