SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Foto-foto Dahsyatnya Erupsi 'Taal Volcano' yang Abunya Telah Mencapai Ibu Kota Manila

Senin, 13 Januari 2020 18:00 by reinasoebisono | 2542 hits
Foto-foto Dahsyatnya Erupsi 'Taal Volcano' yang Abunya Telah Mencapai Ibu Kota Manila
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Taal Volcano atau Gunung Taal menjadi trending di dunia internasional hari ini karena gunung api aktif yang berada di wilayah negara Filipina itu mengeluarkan erupsi yang besar. Nampak pula foto-foto yang memperlihatkan dahsyatnya muntahan material gunung aktif tersebut.

Melansir Detik, Taal Volcano melontarkan abu yang awan panasnya turut berisi kilatan petir. Kabar terakhir mengatakan jika aktivitas penerbangan di bandara juga dihentikan. Padahal, Gunung taal adalah objek wisata populer yang terletak di tengah danau.

"Letusan berbahaya bisa terjadi dalam beberapa jam hingga berhari-hari," kata badan seismologi negara itu.

"Saya khawatir itu akan meletus ... tetapi saya akan membiarkannya takdir. Saya hanya harus berdoa," kata salah satu pegawai hotel dekat gunung berapi, Eduardo Carino.

Baca juga: Pernikahan Dramatis di Filipina dengan Latar Belakang Gunung Meletus

Taal Volcano terpantau sempat mengeluarkan awan abu yang mencapai 50.000 kaki atau setara dengan 15.000 meter (15 km) ke atmosfer. Pejabat penerbangan memerintahkan penangguhan penerbangan ke dan dari Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA) di ibu kota.

Ahli gempa pemerintah mencatat magma bergerak menuju kawah Taal yang adalah gunung berapi paling aktif di negara itu dan berjarak 65 kilometer selatan Manila. Kantor bencana setempat telah mengevakuasi lebih dari 2.000 penduduk yang tinggal di pulau vulkanik yang terletak di dalam danau.

"Abu telah mencapai Manila berbahaya bagi orang-orang jika mereka menghirupnya," kata Kepala Phivolcs Renato Solidum. "Aktivitas seismik yang intens seperti itu mungkin menandakan intrusi magma terus menerus di bawah bangunan Taal, yang dapat menyebabkan aktivitas erupsi lebih lanjut,"

Beberapa aprtikel 6.4 cm, lebih besar dari bola golf, dilaporkan jatuh di daerah sekitar danau. Sebanyak 52 gempa vulkanik telah terjadi. Smeentara itu letusan terakhir Gunung Taal terjadi pada tahun 1977.

(rei/image: CNN)

Komentar
  • HOT !
    Menyebarnya virus Wuhan di sejumlah Negara seperti di Thailand, Jepang, bahkan Korea Selatan semakin membuat resah masyarakat lokal bahkan di Indonesia. Walaupun di Indonesia sendiri belum terdapat laporan kasus pasien yang terkena virus Wuhan....
  • HOT !
    Pembangunan ibu kota baru semakin bergulir dengan rencana rencana penunjangnya. Selain infrastruktur, sistem sistm disebut oleh Presiden Jokowi akan baru semua dan memang harus diikuti oleh penduduknya nanti di sana....
  • HOT !
    Gelaran Pelantikan BPP HIPMI masa bakti 2019 2022 menjadi cukup menarik. Selain kehadiran Presiden Jokowi, dalam sambutannya sang presiden sempat menyinggung sosok sosok yang mungkin saja menggantikannya sebagai presiden....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)