home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

15 Akun Medsos Influencer dan Youtuber Korea Diperiksa Atas Iklan Produk Palsu

Jumat, 10 Januari 2020 15:37 by dodo07 | 1351 hits
15 Akun Medsos Influencer dan Youtuber Korea Diperiksa Atas Iklan Produk Palsu
Image source: Vice

DREAMERS.ID - Otoritas makanan dan obat-obatan Korea menemukan lebih dari 150 iklan online tentang suplemen penurun berat badan yang membuat klaim atau manfaat berlebihan justru memberikan informasi palsu dibanding kemanjuran produk.

Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan Korea mengatakan pada Kamis (9/1) jika mereka telah memantau para Influencer lebih dari 100.000 Follower di media sosial mereka meliputi Instagram dan Youtube, yang kerap membuat iklan penurun berat badan di akun mereka sejak Agustus 2019.

Para Influencer dan YouTuber terkenal yang tertangkap, telah mengiklankan produk tertentu dengan mengunggah posting yang menyiratkan bahwa mereka kehilangan berat sebagai akibat dari produk.

Dilaporkan produk yang mampu ampuh menurunkan berat badan tersebut berupa jus detox dan teh yang mampu membersihkan tubuh. Bahkan ada yang mengklaim jika mampu mengobati kanker dan penyakit Jantung.

Kementerian itu juga mengatakan penurunan berat badan atau berkurangnya pembengkakan dalam tubuh tersebut tidak didasarkan pada produk makanan atau suplemen, menambahkan efek dari produk tersebut tidak pernah diperiksa dan terbukti. Oleh karena itu, mereka akan menindak 153 klaim iklan yang berlebihan atau palsu dari 33 produk yang diiklankan oleh para Influencer.

“Penarikan produk pada platform media sosial memakan waktu lama karena sulit untuk melacak informasi pribadi pengguna. Namun, kementerian keamanan pangan akan terus memantau iklan palsu semacam itu di media sosial untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pelanggan," kata Shim Jin Bong, wakil direktur biro investigasi cyber Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan Korea.

(ddo)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)