home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Cuma Amerika, BNPB-BMKG Juga Keluarkan Peringatan Dini Bencana Lho: Dimohon Jangan Panik

Rabu, 08 Januari 2020 15:19 by reinasoebisono | 6612 hits
Bukan Cuma Amerika, BNPB-BMKG Juga Keluarkan Peringatan Dini Bencana Lho: Dimohon Jangan Panik
Image source: SINDONews

DREAMERS.ID - Warga dihebohkan oleh peringatan dini bencana di Jakarta yang dikeluarkan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat bagi warganya yang berada di Indonesia untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga 12 Januari 2020.

Id.usembassy.gov menyebutkan Jakarta dan sekitarnya diperkirakan akan mengalami  hujan sangat lebat sepanjang hari dan badai halilintar. Kedubes AS juga meminta warganya memantau perkembangan terkini melalui media lokal dan mewaspadai lingkungan sekitar lewat website BMKG.

“Kunjungi peta bencana untuk mengetahui informasi terkini tentang daerah banjir. Daftarkan diri Anda dalam Program Pendaftaran Pelancong Cerdas (LANGKAH) untuk menerima pembaruan keamanan," tulis peringatan dini dalam website tersebut.

Tak pelak peringatan ini cukup membuat masyarakat panik. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo pun meminta masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek untuk tidak panik.

Baca juga: Penjelasan Prediksi dan Himbauan Soal Hujan Lebat Serta Angin Kencang Selama Dua Hari 7-8 Februari

"Senada dengan peringatan dini tersebut, kita tetap waspada, siaga dan menyiapkan rencana darurat keluarga," kata Agus dari keterangan resminya, Rabu (8/1) melansir Media Indonesia. "Mengingat potensi bahaya bisa terjadi kapan pun dan di mana pun,"

BNPB sebenarnya mengeluarkan peringatan dini pula soal potensi Ancaman Bahaya Banjir, Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Indonesia. Peringatan ini berangkat dari data yabg disampaikan BMKG perihal prediksi cuaca ekstrim 2020 di wilayah Jabodetabek:

  1. Tanggal 11-15 Januari 2020
  2. Akhir Januari – awal Februari 2020
  3. Pertengahan Februari 2020

Sebelumnya, BMKG memang menyebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih ada di Jakarta terutama periode 9-15 Januari 2020. Namun BMKG juga memprediksi jika intensitas hujan tidak seekstrem curah hujan pada tanggal 1 Januari.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprediksi daerah yang kemungkinan terkena hujan es batu. Tomi Ilham mengatakan hujan es baru bisa dideteksi setengah jam sebelum kejadian....
  • HOT !
    Presiden China Xi Jinping pada tanggal Rabu (25/11) kemarin, telah menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terbaru Amerika Serikat, Joe Biden atas kemenangnya dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2020....
  • HOT !
    Baru baru ini, KPK telah menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo. Ia ditangkap bersama sang istri dan 13 orang lainya di Bandara Internasional Soekarno Hatta setibanya dari Amerika Serikat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)