SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Cuma Amerika, BNPB-BMKG Juga Keluarkan Peringatan Dini Bencana Lho: Dimohon Jangan Panik

Rabu, 08 Januari 2020 15:19 by reinasoebisono | 6559 hits
Bukan Cuma Amerika, BNPB-BMKG Juga Keluarkan Peringatan Dini Bencana Lho: Dimohon Jangan Panik
Image source: SINDONews

DREAMERS.ID - Warga dihebohkan oleh peringatan dini bencana di Jakarta yang dikeluarkan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat bagi warganya yang berada di Indonesia untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga 12 Januari 2020.

Id.usembassy.gov menyebutkan Jakarta dan sekitarnya diperkirakan akan mengalami  hujan sangat lebat sepanjang hari dan badai halilintar. Kedubes AS juga meminta warganya memantau perkembangan terkini melalui media lokal dan mewaspadai lingkungan sekitar lewat website BMKG.

“Kunjungi peta bencana untuk mengetahui informasi terkini tentang daerah banjir. Daftarkan diri Anda dalam Program Pendaftaran Pelancong Cerdas (LANGKAH) untuk menerima pembaruan keamanan," tulis peringatan dini dalam website tersebut.

Tak pelak peringatan ini cukup membuat masyarakat panik. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo pun meminta masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek untuk tidak panik.

"Senada dengan peringatan dini tersebut, kita tetap waspada, siaga dan menyiapkan rencana darurat keluarga," kata Agus dari keterangan resminya, Rabu (8/1) melansir Media Indonesia. "Mengingat potensi bahaya bisa terjadi kapan pun dan di mana pun,"

BNPB sebenarnya mengeluarkan peringatan dini pula soal potensi Ancaman Bahaya Banjir, Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Indonesia. Peringatan ini berangkat dari data yabg disampaikan BMKG perihal prediksi cuaca ekstrim 2020 di wilayah Jabodetabek:

  1. Tanggal 11-15 Januari 2020
  2. Akhir Januari – awal Februari 2020
  3. Pertengahan Februari 2020

Sebelumnya, BMKG memang menyebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih ada di Jakarta terutama periode 9-15 Januari 2020. Namun BMKG juga memprediksi jika intensitas hujan tidak seekstrem curah hujan pada tanggal 1 Januari.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Menyebarnya virus Wuhan di sejumlah Negara seperti di Thailand, Jepang, bahkan Korea Selatan semakin membuat resah masyarakat lokal bahkan di Indonesia. Walaupun di Indonesia sendiri belum terdapat laporan kasus pasien yang terkena virus Wuhan....
  • HOT !
    Pembangunan ibu kota baru semakin bergulir dengan rencana rencana penunjangnya. Selain infrastruktur, sistem sistm disebut oleh Presiden Jokowi akan baru semua dan memang harus diikuti oleh penduduknya nanti di sana....
  • HOT !
    Gelaran Pelantikan BPP HIPMI masa bakti 2019 2022 menjadi cukup menarik. Selain kehadiran Presiden Jokowi, dalam sambutannya sang presiden sempat menyinggung sosok sosok yang mungkin saja menggantikannya sebagai presiden....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)