SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jawaban dan Sindiran Ahok Soal Banjir Jakarta yang Sebenarnya Sudah Ia Ingatkan Sejak Lama

Sabtu, 04 Januari 2020 14:00 by reinasoebisono | 13981 hits
Jawaban dan Sindiran Ahok Soal Banjir Jakarta yang Sebenarnya Sudah Ia Ingatkan Sejak Lama
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Polemik banjir Jabodetabek memang terus bergulir menjadi isu panas. Saling menyalahkan datang dari masyarakat dan membanding-bandingkan peristiwa luar biasa ini baik dengan tahun-tahun sebelumnya atau pun dengan pemimpin sebelumnya.

Terkait hal tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ternyata enggan angkat bicara soal banjir yang melanda wilayah Jakarta hampir merata.

Banjir yang terjadi sejak Rabu, 1 Januari 2020 itu, dikatakan Basuki alias Ahok jika Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan, lebih berkapasitas untuk bicara soal bencana tersebut.

"Tanya Pak Anies yang lebih tahu. Pak Anies sudah lebih tahu dan teman temannya (juga) lebih tahu," ujar Ahok melansir Tempo dalam pesan pendek kepada Tempo, Jumat, 3 Januari 2020.

Sebelumnya, Ahok juga sempat mengunggah tweet terkait banjir Jakarta dan mendoakan semoga cepat berlalu. Ia turut berduka kepada para korban dengan memasang tagar #Banjir2020.

Baca juga: Catat Nih, Ahok Bilang Beli Bensin Bisa Delivery Service Untuk Tekan Penyebaran Virus Corona

"Semoga banjir ini cepat berlalu dan kondisi pulih kembali," kata Ahok dalam cuitan yang langsung direspons ribuan pengguna Twitter. "Untuk warga yang tinggal di DAS, agar selalu waspada,"

Sebenarnya, untuk diingat, pada April 2019 lalu, Ahok sudah sempat mengingatkan akan adanya kemungkinan penyebab banjir Ibu Kota. Ia mengatakan banjir tersebab oleh pompa air yang terlambat diaktifkan. Menurut Ahok saat itu, pompa air semestinya sudah aktif sebelum debit air hujan tinggi.

"Saya orang tambang, teori tambang ngidupin pompanya telat, udah terlalu tinggi bisa tidak keburu. Saya kira mungkin tergenang itu karena mungkin ada pompa yang telat," kata Ahok di kawasan Menteng, 30 April 2019.

Tutur Ahok, kemungkinan lain banjir adalah saringan air yang tersumbat ranting atau sampah. Di era kepemimpinannya, yakni 2014-2017, Ahok menyebut persoalan kayu ranting yang menutupi saringan ketika hujan turun menjadi penyebab genangan karena menghambat air cepat surut.

Karena itu, Ahok mengatakan, pemerintah provinsi dulu selalu menaruh alat berat untuk menyisir ranting atau sampah di sekitar saringan air. Dan seperti yang diberitakan sebelumnya, banjir melanda berbagai kawasan Jabodetabek sejak 1 Januari dan menyebabkan banyak aktivitas ekonomi tersendat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada Minggu (24/05) dilansir dari laman covid.go.id, Indonesia mencatat adanya penambahan kasus pasien yang positif terinfeksi virus corona sebanyak 526 pasien. Sehingga jumlah akumulasi kasus corona di Indonesia per tanggal 24 Mei telah mencapai 22.271 orang....
  • HOT !
    Ada ada saja pernyataan dari Donald Trump di tengah masa pandemi corona ini. Walau negaranya memiliki jumlah kasus corona terbanyak di dunia, ia justru menganggapnya itu sebagai "lencana kehormatan" atau prestasi....
  • HOT !
    Proses adalah bagian dari pendewasaan dan memupuk pengalaman serta mental, di bidang apapun kita menjalaninya, termasuk di bidang politik. Mengenyam ilmu dan pengalaman berpolitik dari tingkat terbawah dan berjenjang dianggap baik untuk kelangsungan karir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)