SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengakuan Obama Soal 'Benefit' Tinggal di Indonesia: Jadi Pemimpin Kalem

Rabu, 18 Desember 2019 13:00 by reinasoebisono | 2745 hits
Pengakuan Obama Soal 'Benefit' Tinggal di Indonesia: Jadi Pemimpin Kalem
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Indonesia ternyata berhasil mewariskan hal positif untuk mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang mengakui jika gaya kepemimpinannya yang terpancar kini didapat ketika tinggal di Hawaii dan Indonesia.

Melansir CNN Indonesia, Obama mengaku jika sifat kalem dan tenangnya itu berasal dari kehidupannya di Indonesia. Dalam kesempatan di forum berjudul ‘In Conversation with President Barack Obama’ di Singapura, Obama bercerita tentang gelombang tekanan yang ia hadapi ketika menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Ia mengaku banyak masalah yang dihadapi mulai dari krisis lapangan pekerjaan, krisis ekonomi 2008, Perang Afghanistan, Perang Irak, konflik di Suriah, hingga kemunculan ISIS. Sang moderator, Nicholas Fang pun menanyakan mengapa Obama bia tetap memiliki gaya kepemimpinan yang tenang di tengah tekanan.

"Itu karena saya memiliki latar belakang yang bercampur Hawaii dan Indonesia," tutur Obama di depan sekitar 4.500 hadirin pada Senin (16/12).

"Saya tidak menjadi tinggi hati ketika melihat wajah saya bertebaran di poster atau laman depan majalah. Saya juga tak terlalu merasa rendah diri ketika hal-hal yang saya hadapi berjalan tak semestinya. Saya percaya kami telah membuat keputusan terbaik dalam setiap situasi," paparnya menambahkan.

Baca juga: Justin Bieber Hingga Taylor Swift Sampaikan Belasungkawa Atas Kematian Kobe Bryant

Obama memaparkan, jika resep jiwa kepemimpinan yang tenang adalah ebrfokus pada kepentingan orang banyak dan menikmati prosesnya. Ia selalu mencoba menempatkan orang-orang dengan talenta terbaik dalam masing-masing bidang yang juga percaya akan etos kerja dan visi-misinya.

"Anda menempatkan mereka pada posisi untuk berhasil dan Anda membuat keputusan berdasarkan informasi terbaik yang tersedia dan menyiapkan proses di mana Anda dapat melihat dari setiap sudut solusi apa yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi," kata Obama seperti dikutip Strait Times.

"Semua masalah yang saya hadapi saat itu sulit ketika berada di Gedung Putih. Satu-satunya masalah yang datang ke meja saya adalah masalah yang tida memiliki solusi baik dan tidak ada orang lain yang bisa menyelesaikannya," paparnya menambahkan.

Sebagai pengingat, Obama memang sempat tinggal di Jakarta semasa kecilnya, tepatnya di daerah Menteng Dalam sekitar tahun 1967-1971 bersama ibunya, Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Oetoro. Ia sempat bersekolah di SD Katolik Santo Fransiskus Asisi dan SD Negeri Menteng 01. Setelahnya, ia pindah bersama keluarga ke Honolulu, Hawaii.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Tobias Ratjhen, yang ditemukan tewas di rumahnya, diidentifikasi sebagai pelaku penembakan di Hanau, Jerman yang dari berbagai informasi yang dihimpun mengakibatkan 9 orang tewas. Pertanyaan lebih lnajut tentu muncul mengenai motif penembakan brutal Ratjhen....
  • HOT !
    Pemerintah Kota Seoul akan secara finansial mendukung 1.500 rumah tangga yang tinggal di apartemen semi basement seperti yang digambarkan dalam film pemenang penghargaan Oscar ‘Parasite’ yang disutradarai Bong Joon Ho....
  • HOT !
    Lembaga survei Indo Barometer mengeluarkan hasil dari 3 periode Gubernur DKI Jakarta, yitu di kepemimpinan Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan, Basuki atau Ahok lah yang dianggap paling berhasil tangani banjir dibandingkan lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)