home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Raih Peringkat ke-61 Sebagai Negara yang Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris

Jumat, 13 Desember 2019 08:00 by Rie127 | 1057 hits
Indonesia Raih Peringkat ke-61 Sebagai Negara yang Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris
Image Source: US Ready

DREAMERS.ID - Studi EF English Proficiency Index (EF EPI) merilis laporan mengenai tingkat kemampuan berbahasa Inggris pada orang dewasa di 100 negara dan wilayah dunia tahun 2019. Menurut laporan tersebut, Indonesia berada di peringkat ke-61 dengan skor 50.06, yang sebelumnya mendapatkan skor 51,58.

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia menempati peringkat ke-5 atau di bawah negara Singapura (nilai skor 66.82), Filipina (60.04), Malaysia (58.55) serta Vietnam (51.57).

Executive Director of Academic Affairs & Partnership EF, Dr.Minh Tran mengatakan, laporan ini disusun berdasarkan analisa data dari hasil tes bahasa Inggris yang dilakukan oleh 2.3 juta peserta yang berpartisipasi melalui tes online EF Standart English Test.

“Secara umum, jumlah peserta yang mengikuti EF Standard English Test (EF SET) tahun ini naik 77 persen dibandingkan tahun lalu, ada delapan negara partisipan baru yakni Bahrain, Pantai Gading, Kenya, Kirgizstan, Maladewa, Nepal, Paraguay, dan Sudan”. kata Minh dikutip dari Kompas.

Baca juga: Ada Wanita dan Satu Pendatang Baru, Ini Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Laporan tersebut juga menunjukkan EF EPI tahun 2019 menunjukkan skor mengenai kemampuan bahasa Inggris di seluruh dunia tetap stabil. Sementara itu, di berbagai kota di Indonesia, tingkat kemampuan berbahasa Inggris terbaik berada di Bali (54.46), Jakarta (54.26), Yogyakarta (53,02), dan Jawa Barat (51.97).

Peningkatan skor yang signifikan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Yogyakarta yang berhasil mengungguli 23 provinsi lain di Indonesia. Minh mengatakan, kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki di era revolusi industri.

“Revolusi Industri 4.0 mendorong kebutuhan SDM berkualitas, salah satunya memiliki kemampuan bahasa Inggris lebih baik,” lanjutnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)