home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Garuda, 6 Perusahaan BUMN Ini Juga Jadi Target 'Bersih-bersih' Menteri Erick Thohir

Selasa, 10 Desember 2019 12:00 by muthiasp | 920 hits
Selain Garuda, 6 Perusahaan BUMN Ini Juga Jadi Target 'Bersih-bersih' Menteri Erick Thohir
Image source: Breakingnews

DREAMERS.ID - Erick Thohir mungkin belum genap dua bulan menjabat sebagai Menteri BUMN, namun ia sudah menyiapkan sederet gebrakan untuk bersih-bersih. Selain Garuda Indonesia, masih ada enam perusahaan BUMN yang jadi targetnya.

1. Pertamina

Erick Thohir sukses mengejutkan publik dengan menunjuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahor sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Pertimbangannya didasari atas penguatan pengawasan. Ahok dinilai punya kemampuan mumpuni memelototi kinerja perseroan.

2. PANN

Hampir tidak pernah terdengar, PT PANN juga membuat Erick Thohir bingung karena dinilai sudah melenceng dari bisnis utamanya. Perusahaan ini seharusnya fokus di bisnis pembiayaan perkapalan, namun malah memiliki anak usaha perhotelan.

3. Sarinah

Jika selama ini kalian hanya mengetahui Sarinah sebagai kawasan di Jakarta Pusat, nyatanya ada PT Sarinah milik BUMN. Perusahaan itu juga menjadi sasaran bersih-bersih Erick Thohir karena dinilai sudah sangat usang, “Paling mudah Sarinah, contohnya. Di era e-commerce, kita masih jual ritel seperti old days. Ya, enggak bisa,” ujar Erick, mengutip Kompas.

Ia menyarankan agar Sarinah bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan ritel digital, seperti misalnya kolaborasi dengan e-commerce besar, “Ngapain kita sok bikin seperti Tokopedia, ya pasti kalah. Tapi kan Tokopedia perlu gudang, nah gudangnya disediakan BUMN saja,” ucapnya.

4. BTN

Dari 4 bank pelat merah, PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk jadi bank yang mendapat sentuhan pertama Erick Thohir, dengan merombak posisi direksi dan komisaris. Pahala Mansury ditunjuk sebagai direktur utama, menggantikan Suprajarto yang mengundurkan diri pasca ditunjuk dalam RUPSLB saat Menteri BUMN masih dijabat Rini Soemarno.

Baca juga: Jokowi Angkat Bicara Usai Kisruh Gubernur Ganjar dan Koster Tolak Timnas Israel Di Pildun U-20

Erick juga menunjuk mantan anggota KPK Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama BTN, karena dinilai punya l atar belakang hukum yang ideal untuk mengawasi BTN.

5. Bank Mandiri

Erick Thohir menunjuk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. menggantikan posisi Kartika Wirjoatmodjo yang diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN. Selain menempatkan dirut baru, Erick Thohir menunjuk Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama di Bank Mandiri.

6. PLN

Erick Thohir telah menunjuk Rudiantara sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), pada Senin (09/12) kemarin. Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika di periode 2014-2019 itu pernah menjadi Wadiru PLN pada 2008 lalu. Saat itu, ia mendampingi Fahmi Mochtar yang ditetapkan sebagai Direktur Utama.

7. Garuda Indonesia

"Bagaimana fasilitas negara dibawa untuk motor Harley, maka mengundurkan diri saja daripada dicopot. Yang saya tekankan ke BUMN adalah akhlak. Mana akhlaknya?" tegas Erick Thohir terkait kasus penyelundupan motor Harley Davidson yang dilakukan oleh Ari Askhara.

Dari kasus tersebut tak hanya Ari Askhara yang dicopot dari Dirut Garuda, tetapi Direktur Utama Ari Askhara, Direktur Operasi Bambang Adi Surya, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, serta Direktur Human Capital Garuda Indonesia Heri Akhyar juga dipecat.

Selain itu, Eric Thohir kesal dan melihat bahwa banyak bisnis PT Garuda Indonesia Tbk. saling tumpang tindih dengan BUMN lain seperti antara Gapura dan Angkasa Pura yang overlaping.

(mth/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)