home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Garuda, 6 Perusahaan BUMN Ini Juga Jadi Target 'Bersih-bersih' Menteri Erick Thohir

Selasa, 10 Desember 2019 12:00 by muthiasp | 844 hits
Selain Garuda, 6 Perusahaan BUMN Ini Juga Jadi Target 'Bersih-bersih' Menteri Erick Thohir
Image source: Breakingnews

DREAMERS.ID - Erick Thohir mungkin belum genap dua bulan menjabat sebagai Menteri BUMN, namun ia sudah menyiapkan sederet gebrakan untuk bersih-bersih. Selain Garuda Indonesia, masih ada enam perusahaan BUMN yang jadi targetnya.

1. Pertamina

Erick Thohir sukses mengejutkan publik dengan menunjuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahor sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Pertimbangannya didasari atas penguatan pengawasan. Ahok dinilai punya kemampuan mumpuni memelototi kinerja perseroan.

2. PANN

Hampir tidak pernah terdengar, PT PANN juga membuat Erick Thohir bingung karena dinilai sudah melenceng dari bisnis utamanya. Perusahaan ini seharusnya fokus di bisnis pembiayaan perkapalan, namun malah memiliki anak usaha perhotelan.

3. Sarinah

Jika selama ini kalian hanya mengetahui Sarinah sebagai kawasan di Jakarta Pusat, nyatanya ada PT Sarinah milik BUMN. Perusahaan itu juga menjadi sasaran bersih-bersih Erick Thohir karena dinilai sudah sangat usang, “Paling mudah Sarinah, contohnya. Di era e-commerce, kita masih jual ritel seperti old days. Ya, enggak bisa,” ujar Erick, mengutip Kompas.

Ia menyarankan agar Sarinah bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan ritel digital, seperti misalnya kolaborasi dengan e-commerce besar, “Ngapain kita sok bikin seperti Tokopedia, ya pasti kalah. Tapi kan Tokopedia perlu gudang, nah gudangnya disediakan BUMN saja,” ucapnya.

4. BTN

Dari 4 bank pelat merah, PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk jadi bank yang mendapat sentuhan pertama Erick Thohir, dengan merombak posisi direksi dan komisaris. Pahala Mansury ditunjuk sebagai direktur utama, menggantikan Suprajarto yang mengundurkan diri pasca ditunjuk dalam RUPSLB saat Menteri BUMN masih dijabat Rini Soemarno.

Baca juga: Menteri Erick Thohir Akan Tutup 5 Anak Perusahaan Garuda Karena Tak Bermanfaat, 'Tauberes' Salah Satunya?

Erick juga menunjuk mantan anggota KPK Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama BTN, karena dinilai punya l atar belakang hukum yang ideal untuk mengawasi BTN.

5. Bank Mandiri

Erick Thohir menunjuk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. menggantikan posisi Kartika Wirjoatmodjo yang diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN. Selain menempatkan dirut baru, Erick Thohir menunjuk Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama di Bank Mandiri.

6. PLN

Erick Thohir telah menunjuk Rudiantara sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), pada Senin (09/12) kemarin. Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika di periode 2014-2019 itu pernah menjadi Wadiru PLN pada 2008 lalu. Saat itu, ia mendampingi Fahmi Mochtar yang ditetapkan sebagai Direktur Utama.

7. Garuda Indonesia

"Bagaimana fasilitas negara dibawa untuk motor Harley, maka mengundurkan diri saja daripada dicopot. Yang saya tekankan ke BUMN adalah akhlak. Mana akhlaknya?" tegas Erick Thohir terkait kasus penyelundupan motor Harley Davidson yang dilakukan oleh Ari Askhara.

Dari kasus tersebut tak hanya Ari Askhara yang dicopot dari Dirut Garuda, tetapi Direktur Utama Ari Askhara, Direktur Operasi Bambang Adi Surya, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, serta Direktur Human Capital Garuda Indonesia Heri Akhyar juga dipecat.

Selain itu, Eric Thohir kesal dan melihat bahwa banyak bisnis PT Garuda Indonesia Tbk. saling tumpang tindih dengan BUMN lain seperti antara Gapura dan Angkasa Pura yang overlaping.

(mth/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diam diam melaporkan dua akun Instagram @ito.kurnia dan @an7a_s679 ke Polda Metro Jaya atas kasus pencemaran nama baik. Kedua akun tersebut menghina istrinya Puput Nastiti Devi serta keluarga....
  • HOT !
    Tata cara ibadah haji tahun 2020 ini tentu berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi corona atau COVID 19, dengan protokol khusus dan jemaah yang tidak seramai biasanya....
  • HOT !
    Presiden Jokowi disebutkan menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction atau PCR pada hari ini, Jumat (24/7) sore. Hal ini dikatakan setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif virus corona atau COVID 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)