SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Langsung Cancel, Tingkat Keselamatan Driver Ojol Disabilitas Justru Sangat Tinggi

Rabu, 04 Desember 2019 13:00 by manachemvr | 592 hits
Jangan Langsung Cancel, Tingkat Keselamatan Driver Ojol Disabilitas Justru Sangat Tinggi
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Saat ini masih banyak ditemukan pengguna aplikasi ojek online yang membatalkan pesanan ketika mengetahui pengemudi seorang penyandang disabilitas. Faktor keselamatan dan sulitnya berkomunikasi menjadi alasan mengapa pengemudi membatalkan pesanannya.

Membantah stigma yang berkembang di masyarakat, Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia mengatakan bahwa sejauh ini tingkat keselamatan pengemudi disabilitas sangat tinggi. Ia juga menambahkan angka kecelakaan yang diakibatkan pengemudi disabilitas sebesar 0%.

Saat ini Grab pun sedang mengembangkan pelayanan dan fitur aplikasi yang dinilai memudahkan pekerjaan mitra driver disabilitas. Selanjutnya pihaknya juga melakukan pendekatan kepada komunitas disabilitas untuk menawarkan ruang kerja bagi mereka.

"Kita ada notifikasi khusus (buat pelanggan) atau automatic prompt message. Jadi ditulis pengemudimu tuli supaya memberikan informasi pelanggan sehingga bisa siap-siap," ujar Neneng, melansir Detik.

Baca juga: Begini Cara Mendaftarkan Alamatmu Agar Terbaca Lewat Aplikasi Grab!

Paham dengan keraguan masyarakat, Neneng menyarankan agar setiap pengguna yang mendapatkan mitra driver disabilitas untuk duduk di kursi bagian depan. Pihak Grab juga sudah menyediakan kartu komunikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan driver yang tuli. Bahkan bukan tidak mungkin bagi pengguna yang tertarik untuk belajar bahasa isyarat.

Selain itu Neneng juga meyakinkan seluruh pihak bahwa seluruh mitra driver yang bekerja sudah melakukan pelatihan sebelum resmi ‘mengaspal’. Beberapa aspek diperhatikan seperti komunikasi bahasa isyarat, akan diberi pelatihan bagi driver yang belum menguasainya.

"Karena setiap orang punya kesempatan yang sama. Ini juga bagian dari program 'Mendobrak Sunyi' di mana Grab ingin menciptakan ekosistem digital yang inklusif," katanya.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Menyebarnya virus Wuhan di sejumlah Negara seperti di Thailand, Jepang, bahkan Korea Selatan semakin membuat resah masyarakat lokal bahkan di Indonesia. Walaupun di Indonesia sendiri belum terdapat laporan kasus pasien yang terkena virus Wuhan....
  • HOT !
    Pembangunan ibu kota baru semakin bergulir dengan rencana rencana penunjangnya. Selain infrastruktur, sistem sistm disebut oleh Presiden Jokowi akan baru semua dan memang harus diikuti oleh penduduknya nanti di sana....
  • HOT !
    Gelaran Pelantikan BPP HIPMI masa bakti 2019 2022 menjadi cukup menarik. Selain kehadiran Presiden Jokowi, dalam sambutannya sang presiden sempat menyinggung sosok sosok yang mungkin saja menggantikannya sebagai presiden....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)