home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ahok Tiba di Kementerian BUMN dan Resmi Jadi Komut Pertamina, Ini Dia Kewenangannya

Senin, 25 November 2019 12:00 by manachemvr | 8402 hits
Ahok Tiba di Kementerian BUMN dan Resmi Jadi Komut Pertamina, Ini Dia Kewenangannya
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Hari ini PT Pertamina (Persero) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham dalam rangka pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama.

"(Penyerahan Surat Keputusan/SK) hari ini, hari ini. Jadi saya diminta datang untuk terima SK. Untuk selanjutnya saya nggak tahu," kata Ahok yang tiba di Kementerian BUMN pukul 9.20 WIB.

Setelah diangkat menjadi Komisaris Utama, ternyata ada beberapa poin tugas yang harus dibenahi Ahok, salah satunya adalah mengurangi impor migas. Selain itu juga ditargetkan untuk membangun kilang minyak (refinery).

"Kalau kenapa Pak Basuki di Pertamina apalagi didampingi Pak Wamen juga, saya rasa bagian terpenting bagaimana target-target Pertamina, bagaimana mengurangi impor migas harus tercapai ya, bukan berarti anti impor tapi mengurangi," kata Arya Sinulingga Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik.

Walaupun Ahok diangkat menjadi Komisaris Utama, ternyata dirinya tidak dapat bekerja dan memerintah secara langsung layaknya Direktur Utama. Lalu apa saja wewenang Ahok dalam menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina?

Wewenang komisaris sudah diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 pasal 108 tentang Perseroan Terbatas (PT), yaitu:

Baca juga: Jika Ahok Jadi Presiden, Ini Langkah Besar yang Akan Dilakukannya

1. Dewan Komisaris melakukan pengawasan atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai Perseroan maupun usaha Perseroan, dan memberi nasihat kepada Direksi.

2. Pengawasan dan pemberian nasihat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk kepentingan Perseroan dan sesuai dengan maksud dantujuan Perseroan.

3. Perseroan yang kegiatan usahanya berkaitan dengan menghimpun dan/atau mengelola dana masyarakat, Perseroan yang menerbitkan surat pengakuan utang kepada masyarakat atau Perseroan Terbuka wajib mempunyai paling sedikit 2 orang anggota Dewan Komisaris

Selain itu tugas komisaris BUMN menurut UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN adalah menjadi pengawas dan penasihat terhadap Direksi yang menjalankan Persero. Komisaris juga diberikan wewenang untuk memberikan persetujuan kepada Direksi yang akan melakukan perbuatan hukum tertentu.

"Komisaris adalah organ Persero yang bertugas melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada Direksi dalam menjalankan kegiatan pengurusan Persero," demikian bunyi Pasal 1 ayat 7.

 

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Bos Samsung, Lee Kun Hee diumumkan meninggal di usia 78 tahun, pada hari Minggu (25/10/2020) di Seoul, Korea Selatan. Pada Rabu (28/10), upacara terakhir dari rangkaian pemakamannya digelar....
  • HOT !
    Pada tanggal 24 – 30 September 2020, Lembaga Survei Indikator Politik melakukan survei pemilihan capres yang akan maju di tahun 2024. Survei yang melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak....
  • HOT !
    Bukan hal baru menggunakan nama pahlawan atau tokoh penting sebagai nama jalan. Rasanya lebih membanggakan saat nama tokoh penting Indonesia dijadikan nama jalan di luar negeri. Baru baru ini, nama Presiden RI Jokowi resmi digunakan sebagai nama jalan di Ibu Kota Uni Emirat Arab, Abudabi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)