home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Data Terbaru Tunjukkan Remaja Korea Paling 'Mager' Sedunia! Indonesia Keberapa?

Jumat, 22 November 2019 15:00 by reinasoebisono | 1323 hits
Data Terbaru Tunjukkan Remaja Korea Paling 'Mager' Sedunia! Indonesia Keberapa?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kita sering melihat para anak muda Korea Selatan telah aktif memulai karir mereka bahkan sejak usia muda di dunia entertainment dengan dunia K-Pop-nya. Namun siapa sangka jika ternyata umumnya remaja di Korea Selatan jarang bergerak alias ‘mager’.

Melansir Detik, posisi remaja termalas di dunia adalah Korea Selatan, berdasarkan data sebuah studi global. Sebanyak 94.2 persen remaja Korea Selatan melakukan aktivitas fisik kurang dari sejam dalam sehari!

Posisi remaja termalas diikuti selanjutnya oleh negara Filipina dan Kamboja yang juga memiliki tingkat kemalasan di atas 90 persen. Sementara remaja teraktif atau yang paling tidak malas ditempati oleh negara Bangladesh dengan tingkat kemalasan sekitar 40 persen. Indonesia sendiri berada di posisi ke-37 dengan angka 86.4 persen remaja kurang aktif.

Kembali ke Korea Selatan, hanya sekitar 7 persen dari remaja di Negeri Ginseng itu yang bergerak aktif dalam menjalankan aktivitasnya. Para ahli mengatakan statistik itu sangat memprihatinkan. Olahraga justru seharusnya berperan penting dalam mengatasi masalah kesehatan anak yang paling berbahaya justru malah tidak dilakukan.

Baca juga: Wali Kota Seoul Diduga Bunuh Diri: Dikenal Sebagai Pejuang Hak Wanita Penghibur dan Budak Seks Korea

"Anak-anak yang lebih aktif memiliki kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik dan umumnya lebih baik di sekolah," kata Profesor Russell Viner, presiden Royal College of Paediatrics and Child Health, dikutip dari Daily Mail, Jumat (22/11).

Dr Guthold dan timnya mengatakan, aktivitas fisik itu penting untuk mengembangkan hati, paru-paru, tulang dan otot anak muda serta menjaga mereka tetap sehat. Sementara itu, dalam sebuah komentar yang diterbitkan bersamaan dengan penelitian ini, dalam jurnal The Lancet Child & Adolescent Health, seorang peneliti Kanada mengatakan masyarakat modern yang harus disalahkan karena tidak aktif.

Hal ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh revolusi elektronik yang semakin canggih dan memudahkan, sehingga pekerjaan dan aktivitas fisik makin berkurang yang membuat anak muda makin malas bergerak.

Profesor Viner dari Royal College of Paediatrics and Health menyarankan, bahwa mendorong aktivitas fisik adalah bagian dari solusi dan perlu disertai dengan banyak empati, dukungan dan akses ke ruang publik yang aman dan bebas. Kita juga perlu mendorong industri makanan dan minuman untuk berbuat lebih banyak.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak kepolisian mengerahkan anjing pelacak K9 untuk melacak jejak pelaku pembunuhan editor Metro TV, Yodi Prabowo, di pinggir jalan Tol JORR, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dilakukannya dua kali pelacakan, anjing K9 itu berhenti di satu tempat....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan yang kini lebih ingin akrab disapa BTP buka bukaan soal proses perceraiannya dengan mantan istri, Veronica Tan yang ia sayangkan namun sudah dipersiapkan memang akan mendapat banyak tudingan miring dari orang banyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)