SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kondisi Terkini Setelah Gempa M 7.1 Maluku Utara dengan 89 Kali Gempa Susulan

Jumat, 15 November 2019 14:25 by reinasoebisono | 659 hits
Kondisi Terkini Setelah Gempa M 7.1 Maluku Utara dengan 89 Kali Gempa Susulan
Image source: biem.co

DREAMERS.ID - Setelah gempa dengan kekuatan magnitudo 7.1 yang mengguncang Sulawesi Utara dan Maluku Utara, Kamis (14/11) sekitar pukul 23.17 WIB, gempa susulan masih terus terjadi hingga kini, bahkan dengan jumlah yang sangat banyak.

Dari laporan terkini via laman Kompas, 22 bangunan di Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, rusak ringan. Serta beberapa warga juga dikabarkan mengalami luka ringan karena terkena reruntuhan bangunan. Satu warga Desa Ranoketang Atas, Kabupaten Minahasa, Sulut juga dilaporkan meninggal dunia diduga karena serangan jantung pasca-gempa.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko mengatakan, pasca-gempa magnitudo 7,1, gempa susulan terus terjadi di Sulawesi Utara dan Maluku Utara sebanyak 89 kali, Jumat (15/11/2019) pukul 11.30 Wita.

"Sampai dengan pukul 11.30 Wita, berhasil dianalisis 89 kali gempa bumi susulan," kata Edward, saat dikonfimasi Jumat siang. Gempa susulan terjadi dengan magnitudo bervariasi antara 3, 1 sampai 6, 1. Monitoring terus dilakukan oleh BMKG.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang mengatakan, pihaknya sudah meminta warga yang ada di wilayahnya diimbau agar meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, warga juga diminta tenang menghadapi kemungkinan gempa bumi atau bencana lainnya.

"Kabupaten Kepulauan Sangihe semalam merasakan gempa yang kuat sekitar 5 sampai 7detik. Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan bangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe," ujar Rivo.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memastikan jika kondisi Sulut tetap aman apsca gempa tersebut. Ia mengatakan meski dirinya tengah berada di Jakarta, ia terus me-monitoring kondisi di Sulut.

"Tak sampai 30 menit laporan terus masuk. Saat saya mendarat di Manado, dapat informasi dan puji Tuhan tidak ada apa-apa yang terjadi di Provinsi Sulawesi Utara," katanya. "Karena bencana itu kita tidak bisa hindari. Tapi, kita harus waspada dan mengantisipasi,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu lalu Forbes Indonesia kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2019. Urutan pertama kembali diraih oleh Hartono bersaudara yaitu Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono dengan total kekayaan USD 37,3 miliar....
  • HOT !
    Saat ini masih banyak ditemukan pengguna aplikasi ojek online yang membatalkan pesanan ketika mengetahui pengemudi seorang penyandang disabilitas. Faktor keselamatan dan sulitnya berkomunikasi menjadi alasan mengapa pengemudi membatalkan pesanannya....
  • HOT !
    Di era yang serba cepat dan canggih seperti saat ini, pembelian barang semakin dipermudah dengan sistem delivery service yang ditawarkan oleh banyak toko hingga perusahaan. Tidak ingin ketinggalan jaman, Pertamina kini juga menyediakan layanan pengisian bahan bakar dengan sistem delivery service, loh!...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)