home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kondisi Terkini Setelah Gempa M 7.1 Maluku Utara dengan 89 Kali Gempa Susulan

Jumat, 15 November 2019 14:25 by reinasoebisono | 829 hits
Kondisi Terkini Setelah Gempa M 7.1 Maluku Utara dengan 89 Kali Gempa Susulan
Image source: biem.co

DREAMERS.ID - Setelah gempa dengan kekuatan magnitudo 7.1 yang mengguncang Sulawesi Utara dan Maluku Utara, Kamis (14/11) sekitar pukul 23.17 WIB, gempa susulan masih terus terjadi hingga kini, bahkan dengan jumlah yang sangat banyak.

Dari laporan terkini via laman Kompas, 22 bangunan di Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, rusak ringan. Serta beberapa warga juga dikabarkan mengalami luka ringan karena terkena reruntuhan bangunan. Satu warga Desa Ranoketang Atas, Kabupaten Minahasa, Sulut juga dilaporkan meninggal dunia diduga karena serangan jantung pasca-gempa.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko mengatakan, pasca-gempa magnitudo 7,1, gempa susulan terus terjadi di Sulawesi Utara dan Maluku Utara sebanyak 89 kali, Jumat (15/11/2019) pukul 11.30 Wita.

"Sampai dengan pukul 11.30 Wita, berhasil dianalisis 89 kali gempa bumi susulan," kata Edward, saat dikonfimasi Jumat siang. Gempa susulan terjadi dengan magnitudo bervariasi antara 3, 1 sampai 6, 1. Monitoring terus dilakukan oleh BMKG.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang mengatakan, pihaknya sudah meminta warga yang ada di wilayahnya diimbau agar meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, warga juga diminta tenang menghadapi kemungkinan gempa bumi atau bencana lainnya.

"Kabupaten Kepulauan Sangihe semalam merasakan gempa yang kuat sekitar 5 sampai 7detik. Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan bangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe," ujar Rivo.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memastikan jika kondisi Sulut tetap aman apsca gempa tersebut. Ia mengatakan meski dirinya tengah berada di Jakarta, ia terus me-monitoring kondisi di Sulut.

"Tak sampai 30 menit laporan terus masuk. Saat saya mendarat di Manado, dapat informasi dan puji Tuhan tidak ada apa-apa yang terjadi di Provinsi Sulawesi Utara," katanya. "Karena bencana itu kita tidak bisa hindari. Tapi, kita harus waspada dan mengantisipasi,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)