home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Diterapkan Microsoft, Bekerja 4 Hari Dalam Seminggu Dapat Tingkatkan Produktivitas, Benarkah?

Rabu, 13 November 2019 17:17 by Rie127 | 616 hits
Sudah Diterapkan Microsoft, Bekerja 4 Hari Dalam Seminggu Dapat Tingkatkan Produktivitas, Benarkah?
Image Source: CNN

DREAMERS.ID - Tentunya hari Senin sampai Jumat merupakan hari dimana setiap pekerja melakukan aktivitasnya untuk pergi ke kantor dan bekerja. Namun, studi baru mengungkapkan bekerja selama 5 hari ini sudah tidak lagi efektif.

Studi terbaru dari perusahaan multinasional Microsoft menunjukkan bahwa bekerja selama empat hari dalam seminggu dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 40 persen. 

Studi ini merupakan bagian dari proyek Work Life Choice Challenge 2019 Summer. Studi ini meneliti tentang keseimbangan di kehidupan kerja dan pengaruhnya terhadap produktivitas serta kreativitas dengan memberikan karyawan jam kerja yang lebih fleksibel.

Studi yang dilakukan di kantor Microsoft Jepang ini melakukan percobaan dengan  menutup kantor setiap hari Jumat pada Agustus lalu. Karyawan hanya bekerja pada hari Senin hingga Kamis. Karyawan juga diberikan cuti berbayar selama kantor tutup. 

Hasilnya, produktivitas karyawan meningkat hingga 39,9 persen dibandingkan Agustus 2018. Perusahaan juga mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk rapat. Lama waktu untuk rapat hanya boleh berlangsung selama 30 menit saja. Perusahaan mengefektifkan komunikasi jarak jauh. 

Bukan hanya karyawan yang mendapatkan manfaat, tapi perusahaan juga mendapatkan keuntungan. Jumlah kertas yang dicetak menurun sebanyak 58,7 persen dan konsumsi listrik juga turun sebanyak 23,1 persen.

Dikutip dari Business Insider, hasil studi ini membuat kantor Microsoft di Jepang akan bekerja selama empat hari dalam seminggu. Studi ini juga bukan yang pertama kali dilakukan. Perusahaan berbasis di Selandia Baru, Perpetual Garden, lebih dulu melakukan percobaan ini. 

Dikutip dari CNBC perusahaan tersebut menemukan bahwa bekerja selama empat hari dalam seminggu bermanfaat untuk karyawan dan perusahaan. Perpetual Garden lalu menerapkan sistem kerja selama empat hari dalam seminggu secara permanen.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Pandemi tidak mengurangi industri K Pop untuk terus berkembang, bahkan bisa dibilang tetap cemerlang dengan menarik banyak penggemar baru. Menurut data terkini, ada total 100 juta fans K Pop di seluruh dunia....
  • HOT !
    Tim SAR telah mengirimkan dua kantong jenazah ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati dari hasil pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu 4 menit setelah lepas landas....
  • HOT !
    Kerusuhan terjadi di Gedung Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (6/1) waktu setempat. Pihak kepolisian melaporkan bahwa sebanyak empat orang tewas dalam demonstrasi yang dilakukan pendukung Donald Trump tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)