SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Diterapkan Microsoft, Bekerja 4 Hari Dalam Seminggu Dapat Tingkatkan Produktivitas, Benarkah?

Rabu, 13 November 2019 17:17 by Rie127 | 577 hits
Sudah Diterapkan Microsoft, Bekerja 4 Hari Dalam Seminggu Dapat Tingkatkan Produktivitas, Benarkah?
Image Source: CNN

DREAMERS.ID - Tentunya hari Senin sampai Jumat merupakan hari dimana setiap pekerja melakukan aktivitasnya untuk pergi ke kantor dan bekerja. Namun, studi baru mengungkapkan bekerja selama 5 hari ini sudah tidak lagi efektif.

Studi terbaru dari perusahaan multinasional Microsoft menunjukkan bahwa bekerja selama empat hari dalam seminggu dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 40 persen. 

Studi ini merupakan bagian dari proyek Work Life Choice Challenge 2019 Summer. Studi ini meneliti tentang keseimbangan di kehidupan kerja dan pengaruhnya terhadap produktivitas serta kreativitas dengan memberikan karyawan jam kerja yang lebih fleksibel.

Studi yang dilakukan di kantor Microsoft Jepang ini melakukan percobaan dengan  menutup kantor setiap hari Jumat pada Agustus lalu. Karyawan hanya bekerja pada hari Senin hingga Kamis. Karyawan juga diberikan cuti berbayar selama kantor tutup. 

Hasilnya, produktivitas karyawan meningkat hingga 39,9 persen dibandingkan Agustus 2018. Perusahaan juga mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk rapat. Lama waktu untuk rapat hanya boleh berlangsung selama 30 menit saja. Perusahaan mengefektifkan komunikasi jarak jauh. 

Bukan hanya karyawan yang mendapatkan manfaat, tapi perusahaan juga mendapatkan keuntungan. Jumlah kertas yang dicetak menurun sebanyak 58,7 persen dan konsumsi listrik juga turun sebanyak 23,1 persen.

Dikutip dari Business Insider, hasil studi ini membuat kantor Microsoft di Jepang akan bekerja selama empat hari dalam seminggu. Studi ini juga bukan yang pertama kali dilakukan. Perusahaan berbasis di Selandia Baru, Perpetual Garden, lebih dulu melakukan percobaan ini. 

Dikutip dari CNBC perusahaan tersebut menemukan bahwa bekerja selama empat hari dalam seminggu bermanfaat untuk karyawan dan perusahaan. Perpetual Garden lalu menerapkan sistem kerja selama empat hari dalam seminggu secara permanen.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Akhir akhir ini masyarakat di seluruh dunia sedang waspada terhadap virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Virus yang diklaim sudah menyebar hingga ke Thailand, Korea Selatan, hingga Amerika Serikat tersebut telah menyebabkan beberapa pasien meninggal dunia....
  • HOT !
    Wilayah Wuhan dihantui ketakutan dan panik karena selain terisolir untuk mencegah penyebaran virus corona, warganya juga dilanda dilema karena ingin menyelamatkan anggota keluarga namun secara tidak langsung ‘tidak diterima’ di wilayah lain....
  • HOT !
    Sekitar 50 kilometer dari pusat kota Seoul, Bandara Incheon adalah salah satu gerbang udara tersibuk di dunia. Di saat kebanyakan orang mendatangi bandara ini untuk pergi bepergian ke luar negeri, beberapa orang memiliki tujuan berbeda, untuk melihat idola kesayangan mereka dari dekat misalnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)