home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Berkesempatan Untuk Beri Nama Bintang dan Planet Pakai Bahasa Daerah, Yuk Ikutan!

Rabu, 06 November 2019 16:28 by manachemvr | 886 hits
Indonesia Berkesempatan Untuk Beri Nama Bintang dan Planet Pakai Bahasa Daerah, Yuk Ikutan!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - International Astronomical Union mengadakan sayembara tahunan untuk memberikan kesempatan masyarakat ikut menamai sistem eksoplanet. Ekspolanet sendiri adalah planet yang berada di luar tata surya kita.

Menurut situs Himpunan Astronomi Indonesia, IAU memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memberikan nama kepada bintang HD 117618 dan planet HD 117618b. Keduanya diketahui terletak pada rasi bintang Centaurus. Rasi ini berada tepat di belahan langit selatan, hal ini membuat Indonesia dapat melihatnya setiap malam hari.

Menurut informasi, bintang HD 117618 dikatakan mirip dengan Matahari. Bintang ini berjarak 124 tahun cahaya jika dihitung dari Bumi. Planet yang mengitari bintang ini hanya terlihat satu yaitu HD 117618b. Planet ini merupakan planet yang terbentuk dari gas raksasa seperti Jupiter. Besarannya diketahui 77% radius Jupiter, juga memiliki massa yang lebih kecil dari Jupiter sebesar 17,4% Jupiter.

Ternyata sayembara ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam penamaan eksoplanet. Tim gabungan dari ITB, Lapan, Planetarium Jakarta, Bosscha, Itera Lampung dll membuat sebuah laman yang dapat mengumpulkan suara hasil voting online masyarakat.

Berdasarkan laman tersebut, masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi dapat memiliki satu dari 10 nominasi nama. Terlihat dari seluruh pilihan, ternyata nama-nama yang dipilih merupakan adaptasi dari bahasa daerah di Indonesia. Diantaranya adalah bahasa Nias, Flores, Dayak, Timor, Papua, Minahasa dan Ternate.

Dilansir dari Detik, jika kamu ingin berpartisiasi dalam pemilihan nama bintang dan planet tersebut, berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi laman website https://hai-ias.org/nameexoworlds/voting/

2. Baca dan cermati deskripsi dari masing-masing nama yang masuk 10 nominasi

3. Pilih salah satu nama favorit kamu

4. Pilih 'Voting Nama Exoworld Sekarang' yang ada di bagian bawah

Sebagai informasi bahwa 1 orang hanya dapat melakukan 1 kali voting. Pemungutan suara ini telah dibuka sejak 5 November kemarin, sampai 11 November 2019 pukul 23.59 WIB.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)