SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Berkesempatan Untuk Beri Nama Bintang dan Planet Pakai Bahasa Daerah, Yuk Ikutan!

Rabu, 06 November 2019 16:28 by manachemvr | 746 hits
Indonesia Berkesempatan Untuk Beri Nama Bintang dan Planet Pakai Bahasa Daerah, Yuk Ikutan!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - International Astronomical Union mengadakan sayembara tahunan untuk memberikan kesempatan masyarakat ikut menamai sistem eksoplanet. Ekspolanet sendiri adalah planet yang berada di luar tata surya kita.

Menurut situs Himpunan Astronomi Indonesia, IAU memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memberikan nama kepada bintang HD 117618 dan planet HD 117618b. Keduanya diketahui terletak pada rasi bintang Centaurus. Rasi ini berada tepat di belahan langit selatan, hal ini membuat Indonesia dapat melihatnya setiap malam hari.

Menurut informasi, bintang HD 117618 dikatakan mirip dengan Matahari. Bintang ini berjarak 124 tahun cahaya jika dihitung dari Bumi. Planet yang mengitari bintang ini hanya terlihat satu yaitu HD 117618b. Planet ini merupakan planet yang terbentuk dari gas raksasa seperti Jupiter. Besarannya diketahui 77% radius Jupiter, juga memiliki massa yang lebih kecil dari Jupiter sebesar 17,4% Jupiter.

Ternyata sayembara ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam penamaan eksoplanet. Tim gabungan dari ITB, Lapan, Planetarium Jakarta, Bosscha, Itera Lampung dll membuat sebuah laman yang dapat mengumpulkan suara hasil voting online masyarakat.

Berdasarkan laman tersebut, masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi dapat memiliki satu dari 10 nominasi nama. Terlihat dari seluruh pilihan, ternyata nama-nama yang dipilih merupakan adaptasi dari bahasa daerah di Indonesia. Diantaranya adalah bahasa Nias, Flores, Dayak, Timor, Papua, Minahasa dan Ternate.

Dilansir dari Detik, jika kamu ingin berpartisiasi dalam pemilihan nama bintang dan planet tersebut, berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi laman website https://hai-ias.org/nameexoworlds/voting/

2. Baca dan cermati deskripsi dari masing-masing nama yang masuk 10 nominasi

3. Pilih salah satu nama favorit kamu

4. Pilih 'Voting Nama Exoworld Sekarang' yang ada di bagian bawah

Sebagai informasi bahwa 1 orang hanya dapat melakukan 1 kali voting. Pemungutan suara ini telah dibuka sejak 5 November kemarin, sampai 11 November 2019 pukul 23.59 WIB.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu belakangan ini, sempat viral sebuah foto dan video yang menunjukkan peraturan pada toko kue TOUS Les JOURS di salah satu mall di daerah Jakarta Selatan, yang melarang penulisan ucapan pada cake yang ‘bertentangan dengan syariat Islam’....
  • HOT !
    Masih ingat dengan terpidana kasus Bom Bali, mantan teroris Umar Patek alias Hisyam bin Alizein? Kini ia memberi pesan pada kelompok teroris yang masih berada dan beraksi di Indonesia. Hal ini dilakukannya di Lapas Porong kala menerima status WNI istrinya....
  • HOT !
    Kepergian Ibu Ani Yudhoyono masih terus membekas dalam benak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Hal ini diceritakan anak sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di mana saran dari dirinya sempat ditolak SBY karena masih berkabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)