SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Keributan Hingga Polisi Pukul Petugas Ambulans, Seperti Ini Aturan Sirene yang Sebenarnya

Sabtu, 02 November 2019 21:55 by reinasoebisono | 1394 hits
Viral Keributan Hingga Polisi Pukul Petugas Ambulans, Seperti Ini Aturan Sirene yang Sebenarnya
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dari video yang beredar di media sosial, terjadi cekcok pukul dan dorong antara seorang polisi dan sopi ambulans yang tengah membawa pasien. Peristiwa tersebut pun akhirnya diketahui terjadi di Jalan KF Tendean, Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Hal ini pun dikonfirmasi oleh Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi yang membenarkan dan menjelaskan kejadian tersebut. Menurutnya, hal ini berawal ketika sopir ambulans menghidupkan sirene di jalan yang tengah macet, lalu terjadi kesalahpahaman.

"Tadi di Jalan KF Tendean sedang macet. Sopir ambulans menghidupkan sirene dan di situlah terjadi kesalahpahaman dengan petugas kami," kata Sunadi yang tidak menjelaskan detail kesalahpahaman yang dimaksud.

Netizen pun ramai membicarakan tentang penggunaan sirene oleh ambulans. Ada yang mempertanyakan mengapa baru saat macet menyalakan sirene sehingga terkesan ingin 'meminta jalan' segera bebas dari macet.

Terkait hal tersebut sebetulnya sudah ada aturan yang mengatur penggunaan sirene dan rotator ambulans. Dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor 143 tahun 2001 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Medik, ambulans gawat darurat hanya boleh menggunakan lampu rotator saat mengangkut pasien.

Sementara itu untuk ambulan rawat jalan "sirene hanya digunakan bilamana sangat dibutuhkan" seperti tertulis dalam Kepmenkes.

Menurut ‘Panduan Transportasi Ambulance’ yang dikeluarkan oleh RSU Pesanggrahan suara sirene yang keras dan berulang dapat menambahkan rasa takut serta cemas. Dampaknya kondisi pasien bisa jadi makin buruk.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Indonesia telah memiliki beberapa presiden setelah 74 tahun merdeka. Setiap pribadinya pasti memiliki karakter yang berbeda dengna segala kelebihan dan kekurangannya. Belum lama ini Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla membeberkan perbedaan kepemimpinan presiden presiden Indonesia....
  • HOT !
    Sekitar 50 kilometer dari pusat kota Seoul, Bandara Incheon adalah salah satu gerbang udara tersibuk di dunia. Di saat kebanyakan orang mendatangi bandara ini untuk pergi bepergian ke luar negeri, beberapa orang memiliki tujuan berbeda, untuk melihat idola kesayangan mereka dari dekat misalnya....
  • HOT !
    Ada satu spot di dalam pesawat yang suka ‘diburu’ calon penumpang. Tak sedikit yang meminta untuk ditempatkan di samping pintu jendela darurat saat check in. Alasannya, karena leg room yang luas sehingga lebih nyaman....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)