SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Keputusan FPI Setelah Prabowo Gabung Koalisi Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 16:13 by reinasoebisono | 4446 hits
Begini Keputusan FPI Setelah Prabowo Gabung Koalisi Jokowi
Image source: Coconuts.co

DREAMERS.ID - Front Pembela Islam atau FPI selama ini diketahui mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019. Namun kini pihak Prabowo beserta Gerindra merapat ke koalisi dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin, bagaimana sikap selanjutnya?

Melansir Tempo, FPI menyatakan sikap akan menjaga jarak dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto karena telah memutuskan masuk ke dalam koalisi pemerintahan. Jubir FPI Munarman mengatakan organisasinya telah mengantisipasi hal itu sehingga melakukan Ijtima Ulama IV beberapa waktu lalu.

"Sikap kami yang dihasilkan melalui Ijtima Ulama IV waktu itu, pertama menolak kekuasaan yang zalim, serta mengambil jarak dengan kekuasaan tersebut," kata Munarman.

Poin berikutnya hasil Ijtima Ulama IV itu adalah menolak putusan hukum yang tidak sesuai prinsip keadilan. Dia menjelaskan, hal itu berkaitan dengan sengketa pemilu dan perkara yang dituduhkan kepada para demonstran aksi 21 dan 22 Mei, 25 dan 30 September, dan kasus lainnya.

Baca juga: Pemaparan Prabowo di Komisi I DPR RI: Kalo Terpaksa Perang, Kita Perang

Munarman juga menjelaskan, poin pertama itu dibuat dengan mempertimbangkan dan mengantisipasi terjadinya Prabowo bergabung dengan koalisi Jokowi. Ijtima Ulama IV ini sendiri digelar tak lama setelah Prabowo dan Jokowi bertemu di MRT 13 Juli lalu.

"Kami berusaha konsisten dengan apa yang sudah disepakati," ujarnya.

FPI merupakan salah satu barisan pendukung Prabowo-Sandiaga Uno di pemilihan presiden 2019. Selain FPI, ada pula Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Namun setelah Prabowo bertemu Jokowi, para tokoh Ijtima Ulama ini juga balik badan. Kemarin, Prabowo secara resmi menyatakan partainya bergabung ke koalisi Jokowi. Bekas calon presiden 2014 dan 2019 itu juga menyatakan dirinya diminta menjadi menteri Jokowi di bidang pertahanan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu belakangan ini, sempat viral sebuah foto dan video yang menunjukkan peraturan pada toko kue TOUS Les JOURS di salah satu mall di daerah Jakarta Selatan, yang melarang penulisan ucapan pada cake yang ‘bertentangan dengan syariat Islam’....
  • HOT !
    Masih ingat dengan terpidana kasus Bom Bali, mantan teroris Umar Patek alias Hisyam bin Alizein? Kini ia memberi pesan pada kelompok teroris yang masih berada dan beraksi di Indonesia. Hal ini dilakukannya di Lapas Porong kala menerima status WNI istrinya....
  • HOT !
    Kepergian Ibu Ani Yudhoyono masih terus membekas dalam benak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Hal ini diceritakan anak sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di mana saran dari dirinya sempat ditolak SBY karena masih berkabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)