SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Air Laut Sudah Capai Monas, Fakta-fakta Jakarta Mau Tenggelam yang Sayangnya Bukan Hoax

Rabu, 16 Oktober 2019 11:10 by reinasoebisono | 75867 hits
Air Laut Sudah Capai Monas, Fakta-fakta Jakarta Mau Tenggelam yang Sayangnya Bukan Hoax
Image source: TripSavvy

DREAMERS.ID - Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?

Masuknya air laut ke Jakarta ini timbulkan intrusi atau masuknya air laut ke pori-pori bauan yang mencemarkan air tanah. Dan menurut catatan Badan Geologi, intrusi air laut sudah mencapai wilayah Monas Bagian Utara.

"Intrusi air lautnya sudah sampai Monas area utara. Kalau dibiarkan terus intrusi air lautnya makin parah, ekologi lingkungannya makin banyak," tambahnya.

Baca juga: Revitalisasi Trotoar Tuai Kritikan, Anies Baswedan: Yang Bikin Macet Itu Mobil dan Motor

Tercatat, via laman Detik, hingga 2013 permukaan tanah di Jakarta sudah turun 40 meter dari asalnya, khususnya Jakarta bagian utara.

"Itu dalam jangka waktu mungkin 50-100 tahun. Tapi belakangan membaik. Dalam 4 tahun (sejak 2013-2018) permukaan air tanah sudah naik dari penurunan 40 meter jadi ke 35 meter," ujarnya. "Coba kalau 10 cm per tahun saja, itu 10 tahun sudah 1 meter. Kalau 50 tahun sudah 5 meter. Jadi ini persoalan yang menurut saya jadi persoalan bersama,"

Selain itu, faktor penyebab turunnya permukaan tanah adalah karena beratnya beban permukaan tanah yang disebabkan oleh pembangunan gedung bertingkat. Ada pula penyebab lain karena berkurangnya air tanah karena penggunaan berlebihan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu belakangan ini, sempat viral sebuah foto dan video yang menunjukkan peraturan pada toko kue TOUS Les JOURS di salah satu mall di daerah Jakarta Selatan, yang melarang penulisan ucapan pada cake yang ‘bertentangan dengan syariat Islam’....
  • HOT !
    Masih ingat dengan terpidana kasus Bom Bali, mantan teroris Umar Patek alias Hisyam bin Alizein? Kini ia memberi pesan pada kelompok teroris yang masih berada dan beraksi di Indonesia. Hal ini dilakukannya di Lapas Porong kala menerima status WNI istrinya....
  • HOT !
    Kepergian Ibu Ani Yudhoyono masih terus membekas dalam benak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Hal ini diceritakan anak sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di mana saran dari dirinya sempat ditolak SBY karena masih berkabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)