SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hawa Gerindra-Demokrat Merapat, Begini Tantangan dan Ancaman Koalisi 'Obesitas' Jokowi

Selasa, 15 Oktober 2019 10:08 by reinasoebisono | 557 hits
Hawa Gerindra-Demokrat Merapat, Begini Tantangan dan Ancaman Koalisi 'Obesitas' Jokowi
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Jelang pelantikan Joko Widodo sebagai presiden 20 Oktober mendatang, pihak-pihak yang dulu berseberangan melakukan kunjungan yang diakui dengan gamblang ada pembicaraan tentang bergabung ke dalam koalisi pemerintahan, tak terkecuali isu bagi-bagi kursi menteri.

Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Istana Kepresidenan, Jakarta 10 hari sebelum pelantikan periode kedua. Jokowi pun menyebut ada kemungkinan komposisi koalisi partai yang mendukungnya bertambah dengan membuka peluang Demokrat, yang ketua umumnya adalah SBY untuk merapat ke koalisi.

Esoknya, giliran rival Jokowi di dua pilpres, Prabowo Subianto yang menyambangi istana atas undangan langsung dari Jokowi. Jokowi pun kembali menyampaikan peluang Gerindra merapat yang direspon Prabowo dengan menyatakan kesiapan membantu pemerintahan dengan jadi penyeimbang.

Melansir CNN, masuknya Gerindra dan Demokrat ke barisan pemerintah tentu menambah gemuk koalisi, bahkan bisa disebut koalisi obesitas. Hal ini juga menandakan hanya PKS yang berada di luar pemerintahan.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, koalisi yang teramat besar berpotensi menimbulkan konflik internal. Sebab setiap partai punya kepentingan yang berbeda.

"Akan terjadi obesitas koalisi nanti, dan itu bisa dipastikan obesitas koalisi di parlemen. Kalau obesitas itu tidak di-maintain dengan baik, akan terjadi benturan-benturan, hambatan psikologis di sana karena bukan perkara mudah menyatukan orang yang selama ini beda pandangan," kata Adi

Baca juga: Detail Perintah Jokowi Target Desember: Hapuskan Puluhan Peraturan yang Persulit Bisnis di RI!

"Jokowi harus jadi panglima terakhir yang bisa meredam potensi, gejolak-gejolak parpol yang berbeda secara ideologi dan kepentingan. Satu-satunya pintu terakhir ya Presiden, mandataris rakyat, yang punya hak prerogatif mengatur dan menertibkan partainya," tutur Adi.

Begitu pula dengan penuturan peneliti politik LIPI Siti Zuhroyang mengatakan koalisi Jokowi berpotensi negara akan dikuasai elite semata. Karena idealnya, sistem presidensial mengedepankan asas pengawasan dan keseimbangan atau check and balance.

"Idealnya demokrasi itu check and balances, mengoptimalkan representasi di DPR. Tapi melihat 'pertemanan besar' yang harus dilakukan karena harus mengakomodasi (pihak yang kalah pilpres), politik harmoni, dampak harmoni itu asyik untuk para elite," kata Siti.

Sinyal tersebut menuju oligarki yang semakin jelas dengan pernyataan Sekjen Partai Nasdem Johnny G. Plate yang menyatakan Prabowo serta Surya Paloh sepakat amandemen UUD 1945 secara menyeluruh.

"Ini saatnya kita menggalang konsolidasi civil society. Kita tidak boleh memberikan kepercayaan absolut, penuh, hanya kepada DPR yang mengatasnamakan rakyat. Rakyat harus bangkit, cerdas merespons permasalahan di negara bangsa," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu belakangan ini, sempat viral sebuah foto dan video yang menunjukkan peraturan pada toko kue TOUS Les JOURS di salah satu mall di daerah Jakarta Selatan, yang melarang penulisan ucapan pada cake yang ‘bertentangan dengan syariat Islam’....
  • HOT !
    Masih ingat dengan terpidana kasus Bom Bali, mantan teroris Umar Patek alias Hisyam bin Alizein? Kini ia memberi pesan pada kelompok teroris yang masih berada dan beraksi di Indonesia. Hal ini dilakukannya di Lapas Porong kala menerima status WNI istrinya....
  • HOT !
    Kepergian Ibu Ani Yudhoyono masih terus membekas dalam benak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Hal ini diceritakan anak sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di mana saran dari dirinya sempat ditolak SBY karena masih berkabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)