SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miris! Awalnya Galang Donasi Lewat Twitter, Akun Ini Justru Ketahuan Menipu

Minggu, 13 Oktober 2019 13:30 by sukmagayatri | 5578 hits
Miris! Awalnya Galang Donasi Lewat Twitter, Akun Ini Justru Ketahuan Menipu
Image Source: NBC News

DREAMERS.ID - Gerakan menggalang dana atau donasi lewat media sosial merupakan salah satu cara efektif untuk mengumpulkan bantuan. Salah satunya adalah melalu media sosial Twitter. 

Sempat viral aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh akun twitter @matchalovv. Awalnya, donasi ini dilakukan untuk membantu seorang driver Gojek yang terkena orderan gofood fiktif.


Image Source: Twitter.com/hahahanbeen

Akun atas nama Gusti Ayu Ari itu kemudian membuat sebuah thread dan meminta netizen untuk membantu driver gojek tersebut dengan memberikan donasi. Penggalangan dana tersebut ia lakukan melalui Gopay, Transfer Bank BCA, Permata, dan aplikasi Dana.

Baca juga: Jawaban Menohok Najwa Shihab Saat Dinilai 'Tak Berdaya' Oleh Pertanyaan Denny Cagur

Dilansir dari thread yang dibuat oleh akun twitter @hahahanbeen, kejanggalan mulai tercium ketika beberapa donator mengaku bahwa nomor yang digunakan oleh @matchalovv untuk penggalangan dana adalah nomornya sendiri. Padahal sebelumnya, ia mengaku bahwa nomor tersebut adalah nomor dari driver gojek yang terkena orderan fiktif tersebut.


Image Source: Twitter.com/pristiazizah

Saat ini, diduga nama asli sebenarnya dari pemilik akun @matchalovv adalah Windi Ayu Hapsari. Sebelumnya, ia juga sempat menggalang dana lewat akun donasi kitabisa.com untuk anak kembar Tata dan Titi. Donasi tersebut telah berakhir dan berhasil mendapatkan sekitar Rp 1.769.970.

Setelah kabar penipuan ini menyeruak, akun Twitter @matchalovv tidak lagi dapat ditemukan dan diduga sudah dihapus. Seorang netizen pemilik akun Twitter @Irstiiiiiii menduga bahwa pelaku adalah seorang mahasiswi Universitas Kristen Satya Wacana yang terletak di Salatiga, jurusan Hubungan Internasional angkatan tahun 2015.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu belakangan ini, sempat viral sebuah foto dan video yang menunjukkan peraturan pada toko kue TOUS Les JOURS di salah satu mall di daerah Jakarta Selatan, yang melarang penulisan ucapan pada cake yang ‘bertentangan dengan syariat Islam’....
  • HOT !
    Masih ingat dengan terpidana kasus Bom Bali, mantan teroris Umar Patek alias Hisyam bin Alizein? Kini ia memberi pesan pada kelompok teroris yang masih berada dan beraksi di Indonesia. Hal ini dilakukannya di Lapas Porong kala menerima status WNI istrinya....
  • HOT !
    Kepergian Ibu Ani Yudhoyono masih terus membekas dalam benak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Hal ini diceritakan anak sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di mana saran dari dirinya sempat ditolak SBY karena masih berkabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)