home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miris! Awalnya Galang Donasi Lewat Twitter, Akun Ini Justru Ketahuan Menipu

Minggu, 13 Oktober 2019 13:30 by sukmagayatri | 17979 hits
Miris! Awalnya Galang Donasi Lewat Twitter, Akun Ini Justru Ketahuan Menipu
Image Source: NBC News

DREAMERS.ID - Gerakan menggalang dana atau donasi lewat media sosial merupakan salah satu cara efektif untuk mengumpulkan bantuan. Salah satunya adalah melalu media sosial Twitter. 

Sempat viral aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh akun twitter @matchalovv. Awalnya, donasi ini dilakukan untuk membantu seorang driver Gojek yang terkena orderan gofood fiktif.


Image Source: Twitter.com/hahahanbeen

Akun atas nama Gusti Ayu Ari itu kemudian membuat sebuah thread dan meminta netizen untuk membantu driver gojek tersebut dengan memberikan donasi. Penggalangan dana tersebut ia lakukan melalui Gopay, Transfer Bank BCA, Permata, dan aplikasi Dana.

Baca juga: Gigi Hadid Tutup Akun Twitter Usai Dibeli Elon Musk

Dilansir dari thread yang dibuat oleh akun twitter @hahahanbeen, kejanggalan mulai tercium ketika beberapa donator mengaku bahwa nomor yang digunakan oleh @matchalovv untuk penggalangan dana adalah nomornya sendiri. Padahal sebelumnya, ia mengaku bahwa nomor tersebut adalah nomor dari driver gojek yang terkena orderan fiktif tersebut.


Image Source: Twitter.com/pristiazizah

Saat ini, diduga nama asli sebenarnya dari pemilik akun @matchalovv adalah Windi Ayu Hapsari. Sebelumnya, ia juga sempat menggalang dana lewat akun donasi kitabisa.com untuk anak kembar Tata dan Titi. Donasi tersebut telah berakhir dan berhasil mendapatkan sekitar Rp 1.769.970.

Setelah kabar penipuan ini menyeruak, akun Twitter @matchalovv tidak lagi dapat ditemukan dan diduga sudah dihapus. Seorang netizen pemilik akun Twitter @Irstiiiiiii menduga bahwa pelaku adalah seorang mahasiswi Universitas Kristen Satya Wacana yang terletak di Salatiga, jurusan Hubungan Internasional angkatan tahun 2015.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)