SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Geger Warga Sibuk Berburu Harta Karun Kerajaan Sriwijaya Pasca Kebakaran Hutan

Jumat, 04 Oktober 2019 14:30 by reinasoebisono | 4666 hits
Geger Warga Sibuk Berburu Harta Karun Kerajaan Sriwijaya Pasca Kebakaran Hutan
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kebakaran hutan yang melanda Sumatera dikabarkan mulai mereda. Namun ada sisi lain yang jadi perhatian karena di lahan bekas lokasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla itu, para warga berebut memburu harta karun yang disinyalir sisa kerajaan Sriwijaya.

Melansir Detik, Warga Sumsel tepatnya di Ogan Komering Ilir awalnya dihebohkan dengan kabar penemuan harta karun sisa kerajaan Sriwijaya. Dibuktikan dengan warga yang mengaku banyak menemukan emas.

"Banyak yang menemukan emas, kalau dilihat dari ukiran dan bentuknya emas itu bekas Kerajaan Sriwijaya. Penelitian juga sudah dilakukan dan peneliti udah datang," kata salah satu warga yang ikut berburu harta karun, Denni, Jumat (4/10).

Lebih lanjut kata Denni, sebenarnya penemuan harta tersebut pernah terjadi saat lahan yang terbakar pada 2014 dan 2015 padam. Kala itu, air sungai di lokasi surut sehingga warga tak sengaja menemukan emas.

Baca juga: Awkarin Terjun Langsung Padamkan Api Karhutla di Kalimantan

"Puncak pencarian itu 2015 dan sudah banyak yang menemukan emas, kendi, guci, sama perhiasan lain. Ukiran atau motif, kata peneliti adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya," tutur Denni.

"Istri sama anak saya ikut cari dan dapat juga. Ada dapat berupa emas, cincin ada batu merah, ada lambang ikan sama ada motif nanas. Itu emas semua," katanya. "Penemuan paling tinggi itu ada Rp 50-60 juta. Emasnya satu suku, antara 5-6 gram. Mahal karena motif, motifnya ini yang punya nilai jual tinggi,"

Hingga kini Denni menyebut masih banyak warga berburu harta karun dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang berbondong-bondong menggali tanah di lokasi. "Istri saya dapat cincin kecil, tetapi ada batu merah. Itu ditawar Rp 35 juta tidak saya jual. Saya lihat punya nilai sejarah, sayang kalau dijual," sambung Denni.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)