SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Fenomena Mengerikan Langit Jambi Sempat Berwarna Merah di Siang Hari

Senin, 23 September 2019 14:41 by reinasoebisono | 641 hits
Penjelasan Fenomena Mengerikan Langit Jambi Sempat Berwarna Merah di Siang Hari
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Langit merah mungkin biasa kita lihat pada saat sore hari menjelang matahari tenggelam. Namun fenomena menggemparkan langit merah di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi terjadi pada siang hari.

Lebih tepatnya, fenomena langit berubah warna jadi merah itu terjadi pada Sabtu, 21 September 2019 kemarin. Berdasarkan foto yang diunggah oleh seorang warga, terlihat langit berwarna merah sekaligus berkabut.

Dilaporkan langit memerah init erjadi sekitar pukul 10.42 sampai pukul 14.00. Awalnya, warna langit tersebut kuning keemasan hingga keesokan harinya semakin pekat hingga menjadi kemeraham. Warna merah tersebut terjadi karena pergerakan kabut asap dari titik api.

Baca juga: Geger Warga Sibuk Berburu Harta Karun Kerajaan Sriwijaya Pasca Kebakaran Hutan

Hal ini dikemukakan Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Badn Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo Soetarno. Titik apinya sendiri berasal dari bagian selatan Provinsi Riau yang mengalami kebakaran hutan parah.

Menurut seorang astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo, langit memerah Jambi ini kemungkinan adalah fenomena Hamburan Rayleigh. Fenomena ini adalah penghamburan elastis pada cahaya oleh partikel berukuran sangat kecil di udara. Bahkan, ukuran partikel ini lebih kecil dibanding gelombang cahaya yang terlihat.

Sebagai contoh saat langit berwarna biru di siang hari dan berubah kemerahan ketika matahari dan terbenam. Sementara di Jambi, mungkin disebabkan oleh kepadatan partikel di udara yang besar sehingga lebih padat dibanding saat udara normal. Karena adanya partikel pada, berkas cahaya Matahari yang melewatinya akan dihamburkan sehingga menisakan gelombang panjang berwarna merah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)