SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Dalam di Laut Jawa Dinilai Tidak Biasa Timbulkan Pertanyaan Bagi BMKG

Senin, 23 September 2019 16:50 by manachemvr | 9102 hits
Gempa Dalam di Laut Jawa Dinilai Tidak Biasa Timbulkan Pertanyaan Bagi BMKG
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa.

“Gempa seperti itu kini masih menyisakan banyak tanda tanya,” ujar Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, melansir Tempo.

Pusat sumber gempa diketahui terletak pada koordinat 6,1 LS dan 111,86 BT atau berada di laut dengan jarak 88-kilometer arah timur laut Kota Rembang, Jawa Tengah dengan kedalaman 620km. Pusat gempa kedua diketahui berada di koordinat 6,24 LS dan 111,84 BT dengan kedalaman 623km.

Baca juga: Sudah 'Matang', Para Ahli Ingatkan Gempa Besar 'The Big One' Bisa Terjadi Dalam Waktu Dekat

Daryono menambahkan bahwa dengan terjadinya gempat tersebut, menandakan bahwa masih ada aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia di kedalaman 500km di bawah Laut Jawa. “Gempa dalam ini dipicu oleh deformasi batuan pada slab lempeng Indo-Australia,” tambahnya.

Selanjutnya jika fenomena ini ditinjau lebih lanjut, Daryono mengatakan gempa ini terletak di zona transisi mantel dengan kedalaman 410-600kilometer. Menurutnya gempa ini disebabkan oleh akibat tarikan gaya gravitasi dari inti bumi.

Ia menambahkan walau getaran gempa cukup besar, gempa ini berada sangat dalam sehingga hanya terasa dengan intensitas yang lemah walaupun dalam radius yang besar. Dikatakan Bandung hingga Bali sempat merasakan guncangan gempa tersebut.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)