home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ramai Ular Terpanggang di Kalimantan, Yang Paling Mematikan di Dunia Ternyata Ada di Papua

Senin, 23 September 2019 13:30 by reinasoebisono | 2463 hits
Ramai Ular Terpanggang di Kalimantan, Yang Paling Mematikan di Dunia Ternyata Ada di Papua
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Ular yang tewas terpanggang di hutan kalimantan diduga adalah piton atau ular sanca kembang dengan panjang 3 meter. Ular yang hangus karena kebakaran hutan itu pun menjadi viral. Namun meski piton bukan termasuk ular mematikan karena racunnya, Indonesia memiliki ular paling mematikan di dunia.

Melansir Detik, terutama di Papua, ada ular yang masuk kategori ular paling mematikan di dunia yang biasa disebut Taipan Papua atau Oxyuranus scutellatus. Ular ini biasa ada di wilayah daratan rendah Papua dan bisanya sangat berbahaya.

"Bisa ular Taipan Papua bersifat neutrotoxin. Bisa ular ini termasuk paling mematikan di dunia nomor tiga," jelas Hari Suroto, seorang peneliti dari Balai Arkeologi PapuaHari yang telah melakukan . "Kalau manusia kena gigitannya dapat menyebabkan sakit kepala, pingsan, lumpuh, pendarahan dalam, kerusakan ginjal dan kematian kurang dari 30 menit,"

Hari yang telah melakukan berbagai penelitian arkeologi di Papua sejak tahun 2008 termasuk flora dan faunanya ini mengatakan, panjang ular Taipan Papua ini bisa mencapai 3 meter. Ular ini juga terbilang aktif mencaru mangsa seperti tikus dan babi di pagi hingga hari. Tapi jika temperatirnya panas, ular ini akan memilih jadi nocturnal alias aktif di malam hari.

Baca juga: Spesies Baru, Nama Ular Ini Terinspirasi Dari Salah Satu Karakter Pendiri Asrama di Harry Potter

"Ular ini sering terlihat bergerak dengan kepala yang terangkat tinggi dari permukaan tanah. Jika berhadapan dengan mangsa, ular Taipan Papua akan melakukan serangan cepat dengan mengibaskan ekornya," terang Hari.

Ular ini tergolong tidak memangsa manusia, namun bisa menyerang jika merasa terancam. Ular Taipan Papua ini mampu mengeluarkan 44-110 mg bisa yang mampu membunuh 110 manusia. Bisa ular ini setara dengan dosis racun 50 kali ular jenis King Cobra.

"Umumnya, ular ini akan menghindari manusia. Namun jika terpojok atau merasa terancam, ularnya akan menyerang berkali-kali," jawab Hari.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Senin (10/8) pagi. Erupsi ini dilaporkan membuat seluruh kota Berastagi gelap karena abu vulkanik pekat yang dimuntahkannya....
  • HOT !
    Tepat pada 6 Agustus 1945, atau 75 tahun yang lalu Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di kota Hiroshima, Jepang. Tiga hari kemudian, pada 9 Agustus Amerika kembali menjatuhkan bom nuklir di Nagasaki....
  • HOT !
    I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal dengan Jerinx SID dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali karena postingan di media sosial yang menyebut IDI sebagai kacung WHO (World Helath Organization)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)