SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Susulan Lebih Besar Dari Getaran Pertama, Gempa Tuban Viral Terasa Hingga Bandung dan Bali?

Kamis, 19 September 2019 17:13 by reinasoebisono | 6803 hits
Ada Susulan Lebih Besar Dari Getaran Pertama, Gempa Tuban Viral Terasa Hingga Bandung dan Bali?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Gempa cukup besar dengan kekuatan magnitudo 6 dilaporkan terjadi di Tuban, Jawa Timur siang ini di mana getarannya terasa di kota-kota sekelilingnya, bahkan hingga daerah yang cukup jauh. Laporan terakhir getaran terasa cukup kuat hingga Kota Yogyakarta.

Melansir Detik, gempa pertama tersebut terjadi pukul 14.06 WIB dengan kekuatan magnitudo 5.6 Skala Richter. Hal ini turut dilaporkan oleh pihak BMKG di akun Twitter resminya, Kamis (19/9). Beberapa saksi juga mengatakan jika getaran gempa yang dirasakan di Kota Yogyakarta, terutama di gedung berlantai dua.

Lebih tepatnya, lokasi gempa berada di koordinat 6.43 LS dan 111.82 BT atau di 56 km barat laut Tuban, Jawa Timur. Pihak BMKG juga menyatakan jika gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Kedalaman 648 Km, tidak berpotensi tsunami," sebut BMKG.

Yang terbaru, gempa susulan terjadi dengan kekuatan lebih besar yaitu magnitudo 6 pada pukul 14.31 WIB. Via laman Liputan6, meski pusat gempa relatif dalam, getarannya terasa hingga Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Sudah 'Matang', Para Ahli Ingatkan Gempa Besar 'The Big One' Bisa Terjadi Dalam Waktu Dekat

Berdasarkan aplikasi mobile Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama dirasakan dengan skala MMI II-III Denpasar, III Mataram, III Lombok Barat, III Lombok Tengah, III Sumbawa, III Bima, III dompu, dan II Karangasem.

Sedangkan gempa kedua terasa dengan skala MMI II-III Tuban, III-IV Denpasar, III Malang, III Madura, II Bandung, II-III Yogyakarta, II-III Surabaya, III Mataram, III Lombok, dan III Bima.

Skala MMI I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Skala MMI II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang (lemah).

Skala MMI III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu (lemah). Skala MMI IV, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi (ringan).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)