SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Susulan Lebih Besar Dari Getaran Pertama, Gempa Tuban Viral Terasa Hingga Bandung dan Bali?

Kamis, 19 September 2019 17:13 by reinasoebisono | 6804 hits
Ada Susulan Lebih Besar Dari Getaran Pertama, Gempa Tuban Viral Terasa Hingga Bandung dan Bali?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Gempa cukup besar dengan kekuatan magnitudo 6 dilaporkan terjadi di Tuban, Jawa Timur siang ini di mana getarannya terasa di kota-kota sekelilingnya, bahkan hingga daerah yang cukup jauh. Laporan terakhir getaran terasa cukup kuat hingga Kota Yogyakarta.

Melansir Detik, gempa pertama tersebut terjadi pukul 14.06 WIB dengan kekuatan magnitudo 5.6 Skala Richter. Hal ini turut dilaporkan oleh pihak BMKG di akun Twitter resminya, Kamis (19/9). Beberapa saksi juga mengatakan jika getaran gempa yang dirasakan di Kota Yogyakarta, terutama di gedung berlantai dua.

Lebih tepatnya, lokasi gempa berada di koordinat 6.43 LS dan 111.82 BT atau di 56 km barat laut Tuban, Jawa Timur. Pihak BMKG juga menyatakan jika gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Kedalaman 648 Km, tidak berpotensi tsunami," sebut BMKG.

Yang terbaru, gempa susulan terjadi dengan kekuatan lebih besar yaitu magnitudo 6 pada pukul 14.31 WIB. Via laman Liputan6, meski pusat gempa relatif dalam, getarannya terasa hingga Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Sudah 'Matang', Para Ahli Ingatkan Gempa Besar 'The Big One' Bisa Terjadi Dalam Waktu Dekat

Berdasarkan aplikasi mobile Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama dirasakan dengan skala MMI II-III Denpasar, III Mataram, III Lombok Barat, III Lombok Tengah, III Sumbawa, III Bima, III dompu, dan II Karangasem.

Sedangkan gempa kedua terasa dengan skala MMI II-III Tuban, III-IV Denpasar, III Malang, III Madura, II Bandung, II-III Yogyakarta, II-III Surabaya, III Mataram, III Lombok, dan III Bima.

Skala MMI I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Skala MMI II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang (lemah).

Skala MMI III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu (lemah). Skala MMI IV, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi (ringan).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jelang pengumuman susunan menteri di Kabinet Kerja Jilid II pagi ini seperti yang dijanjikan Presiden Jokowi, berbagai persiapan dilakukan di Istana Negara. Termasuk terlihatnya beberapa barang yang diboyong....
  • HOT !
    Pelantikan presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019 2024 hanya berselang besok, bahkan tinggal beberapa belas jam lagi. Semaraknya pun digaungkan di media sosial, bernada positif....
  • HOT !
    Pada Kamis (17/10), Markas Besar Bencana dan Keamanan Gyeonggi telah mengeluarkan permintaan maaf resmi kepada publik setelah laporan tentang upaya pertolongan pertama, serta waktu dan lokasi kepergian Sulli pada 14 Oktober bocor ke publik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)