SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sebenarnya Hal yang Tabu, Ternyata Ada Alasan Di Balik Meningkatnya Angka Perceraian di Korea Selatan

Rabu, 18 September 2019 12:00 by reinasoebisono | 7318 hits
Sebenarnya Hal yang Tabu, Ternyata Ada Alasan Di Balik Meningkatnya Angka Perceraian di Korea Selatan
Image source: Money Today

DREAMERS.ID - Kabar perceraian dua pasangan selebriti Korea Selatan, Song Joong Ki-Song Hye Kyo dan Ahn Jae Hyun-Goo Hye Sun masih menjadi pemberitaan dengan beberapa drama yang terjadi di antaranya. Dan ternyata, dua kasus perceraian itu adalah sedikit dari banyaknya kasus perceraian di Korea Selatan.

Karena menurut data, angka perceraian di Negeri Ginseng itu tengah melonjak tajam. Yang terbaru, Korea Selatan menjadi negara dengan jumlah kasus perceraian tertinggi di Asia Timur. Menurut statistik via CNN Indonesia, angka perceraian di Korsel mencapai 108.700 pada tahun 2018. Padahal sebelumnya, perceraian sebenarnya adalah hal tabu di sana.

"Alasan perceraian kini telah banyak berubah di saat wanita menjadi pekerja, merasa tidak dirugikan secara finansial walau mereka sedang dalam proses perceraian," kata direktur kelompok yang fokus membantu orang tua tunggal, dikutip dari SCMP.

Baca juga: Untuk Kamu Yang Suka Wisata Unik, Wajib Coba Wahana Lumpur di Festival Boryeong Korea!

Menurut angka dari pengadilan, terdapat peningkatan sebesar 30,8 persen pengajuan perceraian pada Maret 2018, ketimbang tahun sebelumnya. Tren ini merupakan lanjutan peningkatan kasus perceraian dari 2014-2017, yakni naik berturut-turut sebesar 14,7 persen, 29,5 persen, 28 persen, dan 13,9 persen.

Terdapat beberapa pemicu kasus perceraian di Korea Selatan. Yaitu konfrontasi dengan mertua sebanyak 21.8%, perbedaan kepribadian 16.9% dan sulit mengatur hubungan sebanyak 15.8%. Masalah seperti perbedaan keuangan dan kepribadian juga jadi alasan perceraian pasangan di Korea Selatan.

Data dari Pusat Bantuan Hukum Korea untuk Masalah Keluarga menunjukkan sekitar 45 persen wanita dan 60 persen pria kini mencari konseling untuk urusan rumah tangga.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)