SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kemarahan Jokowi Saat Tinjau Langsung Kebakaran Riau: Sebetulnya Tidak Perlu Lagi Rapat Seperti Ini!

Selasa, 17 September 2019 15:38 by reinasoebisono | 5901 hits
Kemarahan Jokowi Saat Tinjau Langsung Kebakaran Riau: Sebetulnya Tidak Perlu Lagi Rapat Seperti Ini!
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Kedatangan Presiden Jokowi dinantikan di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau dan Kalimantan. Jokowi pun mendarat di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin sekitar pukul  18.30 WIB Senin malam.

Nampak mengenakan setelan baju batik berwarna hitam dan paduan celana hitam, Jokowi langsung bertolak ke Hotel Novotel, Pekanbaru dan menggelar rapat bersama Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Riau dan sejumlah menteri terkait.

Dari berita yang dihimpun, suasana dan ekspresi Jokowi tak bedanya dengan ketika ia mendatangi kanto PLN Pusat saat terjadi padam listrik massal beberapa waktu lalu. Ia tidak bisa menyembunyikan kekecawaan terhadap kondisi karhutla yang terus meluas.

"Saya minta laporan singkat-singkat saja. Sebetulnya sudah tidak perlu lagi rapat seperti ini, karena kalau menjelang masuk musim kemarau, semuanya harus sudah siap. Tapi ini kita lalai lagi sehingga asapnya jadi membesar," kata Jokowi.

"Saya ingin mengingatkan rapat bulan Juli kemarin di istana, bahwa pencegahan dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan itu mutlak harus dilakukan. Kalau sudah terjadi kebakaran, apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun, itu sangat sulit menyelesaikannya," ujar Jokowi.

Jokowi pun menyinggung perihal belum bekerjanya secara maksimal sistem di pemerintahan daerah, kepolisian dan TNI di daerah turut kena sorotan sehingga belum melakukan tugas dengan baik untuk upaya pencegahan karhutla di Riau.

Baca juga: Inilah Foto Resmi Jokowi-Ma'ruf Amin Sebagai Presiden-Wakil Presiden Republik Indonesia

"Kita tahu gubenur punya perangkat sampai ke bawah, mulai bupati, walikota sampai camat dan kepala desa. Kemudian Pangdam juga begitu, punya perangkat Danrem, Dandim, Koramil, Babinsa. Kapolda juga punya perangkat, mulai dari Kapolres, kapolsek sampai babinkantibmas. Semuanya ada, belum lagi yang di BNPB, kehutanan, kita punya semua. Tapi perangkat-perangkat ini tidak diaktifkan secara baik," katanya.

"Kalau perangkat itu diaktifkan, saya yakin, kalau ada satu titik api langsung ketahuan sebelum sampai ratusan titik, dan itu sudah saya ingatkan berkali-kali mengenai ini. Karena yang kita hadapi ini bukan hutan, tapi lahan gambut, dan hutan gambut, kalau sudah terbakar, sulit dipadamkan," sebutnya.

Melansir Tribunnews, pengamanan di Hotel Novotel sangat ketat sejak menjelang kedatangan Presiden Jokowi sementara Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah ada di lokasi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, karhutla di Riau terus meluas dalam sebulan terakhir yang menimbulkan bencana kabut hingga menjadi darurat asap. Korban meninggal dunia pun muncul yang disinyalir karena terpapar kondisi udara berbahaya secara terus menerus.

Kualitas udara berdasarkan pengukuran PM10 pada sore hingga malam hari berada pada kisaran 329 sd 355 ugram/m3 atau berbahaya. BMKG pun menyebutkan jika musim kemarau di wilayah Riau masih akan terjadi sampai pertengahan Oktober 2019, di mana kondisi kemarau juga menjadi faktor yang memperparah kebakaran hutan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)