SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?

Selasa, 17 September 2019 13:30 by reinasoebisono | 667 hits
Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pemerintah telah memilih Provinsi Kalimantan Timur dan dua daerahnya sebagai lokasi untuk ibu kota negara baru nantinya. Namun, fenomena kebakaran hutan tengah melanda Kalimantan dan Sumatera hingga menjadi darurat bencana.

Lalu bagaimana nasib dan kondisi area yang disasar menjadi ibu kota negara itu? Melansir Detik, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jika pihaknya telah melakukan survei lokasi di wilayah Semboja di mana ia bilang mayoritas lahannya adalah tambang batubara, bukan hutan.

"Kami sudah survei, kalau yang di sebelah timur (bukit) Soeharto, Semboja itu memang daerah batubara tapi sebelah utara kelihatannya batubaranya tidak signifikan menurut survei kita," kata Basuki.

Baca juga: Geger Warga Sibuk Berburu Harta Karun Kerajaan Sriwijaya Pasca Kebakaran Hutan

Melanjuti hal tersebut, Basuki mengaku akan memberi detail khusus di Semboja dan Penajam Paser Utara yang terpilih menjadi lokasi pusat pemerintahan yang baru. Pasalnya, di Penajam Paser Utara, terdapat lahan gambut yang juga rawan terbakar.

Namun Basuki lebih lanjut juga mengatakan elah mempersiapkan rencana untuk mengatasi hal tersebut. Yaitu, pihaknya ingin membangun bendungan yang nantinya bisa dimanfaatkan seperti membuat saluran air.

"Tapi pasti nanti akan didetailkan, Samarinda, Balikpapan ini kan Soeharto kita kan lokasinya di sebelah sini kalau yang di sebelah sininya yang kena tol itu memang gambut batubara tapi yang sebelah sini batubara tipis mau bikin bendungan di situ," ungkap dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jelang pengumuman susunan menteri di Kabinet Kerja Jilid II pagi ini seperti yang dijanjikan Presiden Jokowi, berbagai persiapan dilakukan di Istana Negara. Termasuk terlihatnya beberapa barang yang diboyong....
  • HOT !
    Pelantikan presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019 2024 hanya berselang besok, bahkan tinggal beberapa belas jam lagi. Semaraknya pun digaungkan di media sosial, bernada positif....
  • HOT !
    Pada Kamis (17/10), Markas Besar Bencana dan Keamanan Gyeonggi telah mengeluarkan permintaan maaf resmi kepada publik setelah laporan tentang upaya pertolongan pertama, serta waktu dan lokasi kepergian Sulli pada 14 Oktober bocor ke publik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)