SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?

Selasa, 17 September 2019 13:30 by reinasoebisono | 688 hits
Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pemerintah telah memilih Provinsi Kalimantan Timur dan dua daerahnya sebagai lokasi untuk ibu kota negara baru nantinya. Namun, fenomena kebakaran hutan tengah melanda Kalimantan dan Sumatera hingga menjadi darurat bencana.

Lalu bagaimana nasib dan kondisi area yang disasar menjadi ibu kota negara itu? Melansir Detik, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jika pihaknya telah melakukan survei lokasi di wilayah Semboja di mana ia bilang mayoritas lahannya adalah tambang batubara, bukan hutan.

"Kami sudah survei, kalau yang di sebelah timur (bukit) Soeharto, Semboja itu memang daerah batubara tapi sebelah utara kelihatannya batubaranya tidak signifikan menurut survei kita," kata Basuki.

Baca juga: Usai Dikritik Netizen, Kylie Jenner Sumbang 14 Miliar untuk Kebakaran Hutan Australia

Melanjuti hal tersebut, Basuki mengaku akan memberi detail khusus di Semboja dan Penajam Paser Utara yang terpilih menjadi lokasi pusat pemerintahan yang baru. Pasalnya, di Penajam Paser Utara, terdapat lahan gambut yang juga rawan terbakar.

Namun Basuki lebih lanjut juga mengatakan elah mempersiapkan rencana untuk mengatasi hal tersebut. Yaitu, pihaknya ingin membangun bendungan yang nantinya bisa dimanfaatkan seperti membuat saluran air.

"Tapi pasti nanti akan didetailkan, Samarinda, Balikpapan ini kan Soeharto kita kan lokasinya di sebelah sini kalau yang di sebelah sininya yang kena tol itu memang gambut batubara tapi yang sebelah sini batubara tipis mau bikin bendungan di situ," ungkap dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Wabah virus corona atau yang kini telah mendapat nama resmi sebagai Covid 19 atau singkatan dari corona virus disease membuat 238 WNI yang ada di Wuhan dikarantina terlebih dulu di Natuna....
  • HOT !
    Jika kalian menonton film ‘Parasite’ tentunya yang ditampilkan dalam film tersebut adalah kehidupan menengah ke bawah dengan hidup yang pas pasan dan seadanya. Disisi lain film ini juga menampilkan kehidupan menengah keatas yang sangat mewah dan glamor....
  • HOT !
    Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes Kementerian Kesehatan merilis data terbaru pengujian sampel suspect novel virus corona per 10 Februari 2020 di Lab Kemenkes. Laboratorium ini diklaim sesuai dengan guideline WHO....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)