SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?

Selasa, 17 September 2019 13:30 by reinasoebisono | 665 hits
Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pemerintah telah memilih Provinsi Kalimantan Timur dan dua daerahnya sebagai lokasi untuk ibu kota negara baru nantinya. Namun, fenomena kebakaran hutan tengah melanda Kalimantan dan Sumatera hingga menjadi darurat bencana.

Lalu bagaimana nasib dan kondisi area yang disasar menjadi ibu kota negara itu? Melansir Detik, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jika pihaknya telah melakukan survei lokasi di wilayah Semboja di mana ia bilang mayoritas lahannya adalah tambang batubara, bukan hutan.

"Kami sudah survei, kalau yang di sebelah timur (bukit) Soeharto, Semboja itu memang daerah batubara tapi sebelah utara kelihatannya batubaranya tidak signifikan menurut survei kita," kata Basuki.

Baca juga: Geger Warga Sibuk Berburu Harta Karun Kerajaan Sriwijaya Pasca Kebakaran Hutan

Melanjuti hal tersebut, Basuki mengaku akan memberi detail khusus di Semboja dan Penajam Paser Utara yang terpilih menjadi lokasi pusat pemerintahan yang baru. Pasalnya, di Penajam Paser Utara, terdapat lahan gambut yang juga rawan terbakar.

Namun Basuki lebih lanjut juga mengatakan elah mempersiapkan rencana untuk mengatasi hal tersebut. Yaitu, pihaknya ingin membangun bendungan yang nantinya bisa dimanfaatkan seperti membuat saluran air.

"Tapi pasti nanti akan didetailkan, Samarinda, Balikpapan ini kan Soeharto kita kan lokasinya di sebelah sini kalau yang di sebelah sininya yang kena tol itu memang gambut batubara tapi yang sebelah sini batubara tipis mau bikin bendungan di situ," ungkap dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)