SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Mengejutkan Terungkap Soal Komodo Punya Keunikan Baju Zirah Di Balik Kulitnya!

Senin, 16 September 2019 16:50 by reinasoebisono | 1607 hits
Fakta Mengejutkan Terungkap Soal Komodo Punya Keunikan Baju Zirah Di Balik Kulitnya!
Image osurce: Times of India

DREAMERS.ID - Teknologi-teknologi yang semakin berkembang memberikan banyak edukasi dan informasi tentang kekayaan dunia. Yang terbaru dan menghebohkan adalah kemampuan lain yang dimiliki oleh makhluk purbakala yang masih hidup, komodo.

Melansir Detik, tubuh kadal terbesar ini ternyata diselimuti juga oleh semacam perisai atau baju zirah. Uniknya, ‘armor’ tersebut terbentuk dari tulang-tulang kecil. Mulai dari hidung sampai ekornya memiliki ragam bentuk berbeda.

Namun sebenarnya untuk apa perisai tersebut, mengingat komodo saja sudah sangat kuat, cepat dan beracun. Hal ini juga terungkap dari teknologi scan computed tomography atau CT Scan untuk melihat dan merekonstruksi kerangka dua sampel komodo yang sudah tewas.

Periset dari University of Texas Austin dan kebun binatang Fort Worth enggelar CT Scan terhadap kerangka sampel komodo dewasa dan satu masih bayi. Dari data yang dihimpun, komodo dewasa terlindungi oleh perisai, sementara komodo yang masih kecil tidak memilikinya.


Kepala komodo di bawah teknologi CT Scan (UTexas.edu)

Komodo muda menghabiskan cukup banyak waktu di pepohonan dan ketika mereka cukup dewasa untuk keluar dari situ, mereka mulai bertengkar dengan spesies mereka sendiri. Itulah waktunya perisai ekstra ini akan membantu," kata Christopher Bell, akademisi University of Texas.

Baca juga: Seperti China Sewakan Panda, Kemenkeu Sarankan Untuk Sewakan Komodo Untuk Isi Kas Negara?

Tulang perisai itu disebut sebagai osteoderms dan cukup umum di dunia kadal. Eksistensinya di Komodo memang sebenarnya sudah lama diketahui, namun penelitian secara mendetail semacam ini belum pernah dilakukan, termasuk soal perkiraan tentang apa fungsinya.

Itu karena bagian kulit adalah yang pertama dilepas atau terlepas begitu Komodo tewas. Komodo yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil sumbangan dari kebun binatang Forth Worth dan kebun binatang San Antonio.


Image source: UTexas.edu

"Kami terkejut ketika melihatnya. Kebanyakan kadal hanya punya satu jenis osteoderms, tapi komodo ini punya 4 morfologi yang tidak biasa ada di kadal," kata peneliti University of Texas.

Komodo yang diteliti itu berusia 19.5 tahun ketika tewas. Sehingga hal ini pun juga mengindikasikan jika baju zirah tersebut baru muncul setelah mereka dewasa. Dan menurut penelitian ini, perisai tersebut kemungkinan berguna untuk melindungi mereka dari sesama komodo yang menjadi lawan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Wabah virus corona atau yang kini telah mendapat nama resmi sebagai Covid 19 atau singkatan dari corona virus disease membuat 238 WNI yang ada di Wuhan dikarantina terlebih dulu di Natuna....
  • HOT !
    Jika kalian menonton film ‘Parasite’ tentunya yang ditampilkan dalam film tersebut adalah kehidupan menengah ke bawah dengan hidup yang pas pasan dan seadanya. Disisi lain film ini juga menampilkan kehidupan menengah keatas yang sangat mewah dan glamor....
  • HOT !
    Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes Kementerian Kesehatan merilis data terbaru pengujian sampel suspect novel virus corona per 10 Februari 2020 di Lab Kemenkes. Laboratorium ini diklaim sesuai dengan guideline WHO....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)