SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilmuwan Kembali Temukan Planet Mirip Bumi, Ada Air!

Minggu, 15 September 2019 13:00 by manachemvr | 764 hits
Ilmuwan Kembali Temukan Planet Mirip Bumi, Ada Air!
Image source: OdishaTV

DREAMERS.ID - Sekarang bukan lagi rahasia ketika peneliti meneliti planet Mars yang dikabarkan dapat menjadi tempat tinggal selanjutnya bagi umat Manusia. Kendati demikian, terdapat masih banyak kekurangan sumber kehidupan di planet tersebut salah satunya air.

Baru-baru ini astronom menemukan sumber air di sebuah planet selain Bumi. Planet yang disebut K2-18b ini berada di zona habitat berdasarkan jarak dengan mataharinya. Zona habitat sendiri adalah planet yang di sekitar bintang atau matahari dan memiliki suhu untuk keberadaan air dalam bentuk cair.

"Ini pertama kalinya kami mendeteksi air di sebuah planet yang berada di zona habitat sekitar sebuah bintang di mana temperaturnya berpotensi cocok dengan hadirnya kehidupan," kata pemimpin studi, Profesor Giovanna Tineti dari University College London (UCL).

Dari banyaknya planet yang dilacak Hubble Space Telescope selama tahun 2016 hingga 2017, hanya K2-12b yang menunjukan tanda keberadaan air. Penemuan menunjukan bahwa terdapat sebanyak 50 persen dari atmosfernya adalah air.

Ukuran dari planet ini sendiri sebesar dua kali planet bumi dan memiliki temperatur nol sampai 40 derajat Celcius. Tetapi peneliti masih belum dapat memastikan adanya keberadaan alien atau apakah air disana mengalir atau tidak.

"Ini adalah planet pertama yang potensial dapat dihuni di mana temperaturnya tepat dan kita tahu sekarang bahwa ada air. Adalah kandidat terbaik untuk 'habitabillity' saat ini," ujar Angelo Tsiaras, juga dari UCL.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)