home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilmuwan Kembali Temukan Planet Mirip Bumi, Ada Air!

Minggu, 15 September 2019 13:00 by manachemvr | 1450 hits
Ilmuwan Kembali Temukan Planet Mirip Bumi, Ada Air!
Image source: OdishaTV

DREAMERS.ID - Sekarang bukan lagi rahasia ketika peneliti meneliti planet Mars yang dikabarkan dapat menjadi tempat tinggal selanjutnya bagi umat Manusia. Kendati demikian, terdapat masih banyak kekurangan sumber kehidupan di planet tersebut salah satunya air.

Baru-baru ini astronom menemukan sumber air di sebuah planet selain Bumi. Planet yang disebut K2-18b ini berada di zona habitat berdasarkan jarak dengan mataharinya. Zona habitat sendiri adalah planet yang di sekitar bintang atau matahari dan memiliki suhu untuk keberadaan air dalam bentuk cair.

"Ini pertama kalinya kami mendeteksi air di sebuah planet yang berada di zona habitat sekitar sebuah bintang di mana temperaturnya berpotensi cocok dengan hadirnya kehidupan," kata pemimpin studi, Profesor Giovanna Tineti dari University College London (UCL).

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

Dari banyaknya planet yang dilacak Hubble Space Telescope selama tahun 2016 hingga 2017, hanya K2-12b yang menunjukan tanda keberadaan air. Penemuan menunjukan bahwa terdapat sebanyak 50 persen dari atmosfernya adalah air.

Ukuran dari planet ini sendiri sebesar dua kali planet bumi dan memiliki temperatur nol sampai 40 derajat Celcius. Tetapi peneliti masih belum dapat memastikan adanya keberadaan alien atau apakah air disana mengalir atau tidak.

"Ini adalah planet pertama yang potensial dapat dihuni di mana temperaturnya tepat dan kita tahu sekarang bahwa ada air. Adalah kandidat terbaik untuk 'habitabillity' saat ini," ujar Angelo Tsiaras, juga dari UCL.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)