SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Dua Kerangka Kuno Berpegangan Tangan yang Selama Ini Fenomenal Ternyata Sama-sama Pria

Jumat, 13 September 2019 19:30 by reinasoebisono | 1064 hits
Heboh Dua Kerangka Kuno Berpegangan Tangan yang Selama Ini Fenomenal Ternyata Sama-sama Pria
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sejarah kerap kali menerangkan suatu perjalanan kehidupan atau pun pelajaran untuk masa selanjutnya. Dari sejarah pula kita bisa memetik banyak pelajaran atau kisah-kisah kehirupan sebelumnya yang tak jarang datang dari beberapa hal tak biasa.

Salah satunya yang terbaru adalah fakta yang terungkap dari sepasang kerangka yang terkenal di dunia, Lovers of Modena. Adalah julukan untuk sepasang kerangka manusia yang diemukan di kuburan kuno di Kota Modena, Italia yang bergandengan tangan.

Kerangka yang ditemukan pada tahun 2009 itu berasal dari sekitar abad 4 sampai 6 itu dalam kondisi buruk sehingga sulit ditemukan jenis kelaminnya. Karena bergandengan, diasumsikan keduanya adalah laki-laki dan perempuan. Pun selama ini kerangka-kerangka yang ditemukan seringnya adalah berbeda jenis kelamin.

Grup ilmuwan dari University of Bologna mengembangkan teknik baru dengan memanfaatkan protein yang ditemukan di lapisan gigi. Yang mengejutkan, mereka menyatakan jika kedua kerangka tersebut adalah lelaki.

Baca juga: Misteri Penemuan Kerangka Tanpa Kepala Misterius di Alun-alun Kejaksan Cirebon

Via laman Detik via Guardian, seperti yang disebutkan di atas, penemuan sepasang kerangka yang dikuburkan dengan tangan bergandengan bukanlah hal baru, namun tidak ada yang sesama jenis. Meski begitu, belum ada bukti jika keduanya berhubungan asmara.

"Pada saat ini tidak ada contoh lain tipe seperti ini. Banyak kuburan yang ditemukan adalah pasangan berpegangan tangan, namun semuanya pria dan wanita. Apa relasi antara dua individu di Modena ini masih tetap misteri," sebut Federico Lugli, periset University of Bologna.

Pun kerangka itu itu cenderung tidak mungkin jasad yang punya relasi sesama jenis akan dikuburkan secara terbuka di masa tersebut. Para ilmuwan itu pun mengemukakan teori jika keduanya mungkin adalah saudara kandung, saudara sepupu atau prajurit yang tewas bersama di medan perang.

Dengan alasan, beberapa kerangka lain yang ditemukan di area yang sama menunjukkan tanda trauma. Bisa jadi karena kematian akibat konflik kekerasan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)