SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini 'Parahnya' Kondisi Jakarta yang Buat Jokowi Pindahkan Ibu Kota

Rabu, 11 September 2019 10:54 by reinasoebisono | 557 hits
Begini 'Parahnya' Kondisi Jakarta yang Buat Jokowi Pindahkan Ibu Kota
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pemerintah menilai Jakarta tak bisa lagi dipaksakan menjadi ibu kota negara. Sementara pihak lain mengatakan pemindahan ibu kota bukanlah sebuah urgensi yang harus dilakukan sekarang. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) pun mengungkapkan kondisi Jakarta yang mengkhawatirkan.

Pemindahan ibu kota sendiri akan menggunakan dana sebanyak Rp 466 triliun yang akan dihitung kembali kebutuhannya untuk membangun ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan, populasi penduduk di Jakarta dan sekitarnya sudah tak terkendali.

"Jakarta sudah tidak lagi menjamin, kota metropolitan, sistem perkembangan populasi tidak terkendali," kata dia 

Jakarta bahkan dinobatkan menjadi salah satu kota terpadat di dunia. Di tahun 2013 saja, Jakarta adalah kota terpadat ke-10 dunia dan kini berada di posisi 9. Kepadatannya sendiri tercatat 15.000 jiwa per kilometer di 2017.

Baca juga: Indonesia Akan Punya Ibukota Baru, Lalu Kapan Titel 'DKI' Dicabut Dari Jakarta?

Kemacetan, polusi udara, hingga masalah kesehatan menjadi satu-kesatuan yang tak terpisahkan di Jakarta. Itu turut mengganggu produktivitas masyarakatnya, dan menghambat koordinasi dan komunikasi antar lembaga pemerintah.

"Macet buat polusi dan kerugian bisnis. Berdasarkan kajian Bank Dunia kita kehilangan Rp 56 triliun per tahun," sebutnya.

Jakarta beserta kawasan sekitarnya, yaitu Jabodetabek pun dihantui sejumlah permasalahan mulai dari polusi, banjir dan yang berbahaya adalah turunnya permukaan tanah. Dan perlu diingat jika anggaran Rp 466 triliun di atas belum bersifat final karena masih hitungan berdasarkan tiga alternatif lokasi ibu kota baru sebelumnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Misteri keberadaan penemuan benda misterius di kawasan revitalisasi Alun alun Kejaksan Cirebon masih belum terungkap. Pasalnya, pihak kontraktor maupun pemda setempat tidak memberi tahu di mana posisi terbaru benda misterius itu ditemukan....
  • HOT !
    Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang juga adalah politikus senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus suap dan gratifikasi oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)