home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tol Cisumdawu Hadirkan Terowongan Terpanjang di Indonesia

Jumat, 06 September 2019 17:15 by manachemvr | 2367 hits
Tol Cisumdawu Hadirkan Terowongan Terpanjang di Indonesia
Image source: Sindonews

DREAMERS.ID - Proyek tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) bisa dikatakan menjadi proyek tol yang memiliki banyak daya tarik bagi masyarakat Jawa Barat.

Ketika kendaraan melewati jalan tol ini, masyarakat akan dapat melihat pegunungan di sisi kiri dan kanan jalan. Bukan hanya itu saja, tol ini memiliki terowongan yang dinilai terpanjang di Indonesia.

"Tol Cisumdawu dengan medan kerja yang cukup berat harus melalui lembah dan bukit terjal, jadi melakukan berbagai rekayasa teknik. Berupa terowongan pertama jalan tol Indonesia. Saat ini terowongan sudah selesai, dan sangat terbantu karena tidak terkendala lahan dan cuaca," kata Ditjen Bina Marga, Yusrizal Kurniawan.

Melansir Liputan 6, data menyebutkan terowongan Cisumdawu akan memiliki panjang 472 meter dengan jarak lebar 15 meter.

Danang Parikesit selaku Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berharap dengan adanya terowongan tol ini, aksesibilitas provinsi Jawa Barat terutama Sumedang mendapatkan nilai optimal.

"Oleh karena itu, harapan kita tol ini tak hanya koneksi Bandung-Kertajati Airport, tetapi memberikan akses banyak masyarakat Sumedang dan lokasi untuk pariwisata yang baru. Engineer indonesa juga bisa bekerja dengan baik," tegasnya.

Sebelumnya diketahui proyek pembangunan jalan tol dan terowongan ini melibatkan kontraktor China. Sejumlah 3 kontraktor dipilih seperti diantaranya Metallurgy Corporation of China (MCC), China Road and Bridge Corporation (CRBC), dan Shanghai Construction Group (SCG).

Meskipun pembebasan lahan di Tol Cisumdayu belum mencapai 100 persen, tetapi diharapkan proyek ini akan rampung akhir tahun 2020.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)