home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Demonstrasi Hong Kong Dibahas Dalam G7, China: Itu Urusan Internal Kami!

Jumat, 30 Agustus 2019 08:00 by manachemvr | 965 hits
Demonstrasi Hong Kong Dibahas Dalam G7, China: Itu Urusan Internal Kami!
Image source: Detik News
1. Reaksi Pemerintah China

Berbeda dengan pemimpin KTT G7 lain, pihak China dengan keras menyuarakan ketidaksukaan terhadap pernyataan mengenai demonstrasi Hong Kong.

"Kami menyatakan ketidakpuasan yang kuat dan penentangan tegas terhadap pernyataan yang dibuat oleh para pemimpin KTT G7 tentang urusan Hong Kong," kata Geng Shuang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China pada sebuah konferensi pers di Beijing, Selasa 27 Agustus.

Bukan hanya memberikan tanggapan ketidaksukaan pemerintah China terhadap tanggapan G7, pihak China menambahkan agar pihak manapun tidak ‘ikut campur’ dalam aksi unjuk rasa yang sampai saat ini masih berlangung.

"Kami telah berulang kali menekankan bahwa urusan Hong Kong adalah murni urusan dalam negeri China, dan bahwa tidak ada pemerintah asing, organisasi atau individu yang memiliki hak untuk melakukan intervensi," lanjut Geng Shuang.

China beranggapan bahwa pernyataan yang disampaikan dalam pertemuan KTT G7 merupakan tindakan ‘mencapuri’ dan ‘menyembunyikan niat jahat’ terhadap kondisi Hong Kong. Tetapi sejauh ini China masih belum melakukan tindakan apapun terhadap pengunjuk rasa.

Walaupun China masih tidak memberikan reaksi, Beijing khawatir pemerintah China akan melakukan tindakan militer untuk memadamkan aksi unjuk rasa. Tetapi Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam menjelaskan bahwa saat ini kondisi demonstrasi masih dapat dikendalikan oleh pemerintah Hong Kong.

"Kita harus mempersiapkan rekonsiliasi di masyarakat melalui komunikasi dengan orang-orang yang berbeda ... Kami ingin mengakhiri situasi kacau di Hong Kong," kata Carrie Lam, dilansir dari South China Morning Post

Meskipun demikian, Lam tetap menolak penghapusan terhadap RUU Ekstradisi. Ia menambahkan saat ini bukan waktu yang tepat untuk melanjutkan proses perencanaan RUU Ekstradisi.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)