SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Salah Jakarta, Alasan Di Balik Mengapa 'Urgent' Harus Mulai Pindah Ibu Kota

Senin, 26 Agustus 2019 17:18 by reinasoebisono | 602 hits
Bukan Salah Jakarta, Alasan Di Balik Mengapa 'Urgent' Harus Mulai Pindah Ibu Kota
Image source: Tirto

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pemilihan lokasi ibu kota baru Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur. Terbagi menjadi dua lokasi, yaitu di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kabupaten Kutainegara.

Di kesempatan itu pula, di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8), Jokowi kembali menegaskan jika ibu kota harus pindah dari Jakarta. Alasan utamanya adalah karena beban Jakarta yang sudah begitu berat, namun bukan berarti hal itu adalah salah Kota Jakarta.

Beban yang dimaksud adalah beban kemacetan, beban polusi, beban kepadatan penduduk dan beban-beban lainnya yang membuat kualitas hidup di Jakarta semakin memburuk setiap tahunnya.

Baca juga: Indonesia Akan Punya Ibukota Baru, Lalu Kapan Titel 'DKI' Dicabut Dari Jakarta?

"Kenapa urgent sekarang? Kita tidak bisa terus-menerus beban Jakarta dan Pulau Jawa semakin berat dalam hal kependudukan, kemacetan parah, polusi, dan air yang semakin buruk," kata Jokowi mengutip Detik.

Dan dikatakan oleh Jokowi seperti yang diberitakan di atas, besarnya beban Jakarta tersebut bukanlah salah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun memang secara alamiah, banyak kondisi yang membuat Jakarta harus menopang beban yang semakin berat dan satu-satunya jalan adalah memindahkan ibu kota.

"Ini bukan salah Pemprov Jakarta tapi beban yang diberikan ke Jakarta," tegas Jokowi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)