SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Jokowi Pernah Usulkan Kijang Innova Jadi Mobil Kepresidenan! Begini Alasannya

Senin, 26 Agustus 2019 10:26 by reinasoebisono | 1362 hits
Ternyata Jokowi Pernah Usulkan Kijang Innova Jadi Mobil Kepresidenan! Begini Alasannya
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Telah diumumkan jika Presiden Joko Widodo nantinya akan mendapat unit baru mobil kepresidean Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil tersebut memang diketahui bukan jenis mobil baru karena sebelumnya sudah digunakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun siapa sangka jika ternyata Jokowi sempat mengusulkan mobil yang tidak sarat dengan kemewahan yaitu Toyota Kijang Innova untuk mobil kepresidenan. Jokowi beralasan mobil tersebut dirasa cocok untul blusukan ke berbagai tempat yang memang telah menjadi kebiasaannya.

Mobil ini sebenarnya juga akrab dengan Jokowi ketika masih menjabar sebagai Wali Kota Solo dan ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dan nyatanya hingga kini Jokowi masih suka kedapatan menumpangi Kijang Innova saat menghadiri beberapa acara.

Sebut saja ketika mengunjungi pameran otommotif roda dua di JCC, Senayan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, melansir laman Kompas. Namun kembali lagi ke mobil kepresidenan, tentu harus punya standar keamanan tinggi yang ditentukan oleh Sekretariat Negara, Paspampres dan Militer.

Baca juga: Foto-foto Jokowi di Lokasi Karhutla yang Sempat 'Tarik Urat' di Rapat Penanganan Kabut Asap Riau

Mobil dinas kepresidenan telah ada yang tahan peluru yang diciptakan pabrikan atau dimodifikasi lagi oleh perusahaan spesialis pembuat mobil berpelindung tinggi. Kaca mobil juga telah dibuat hingga dua lapis agar lebih kuat ketika mendapat hantaman dari luar, seperti peluru.

Standarnya, ban mobilnya pun harus menggunakan jenis run flat tire (RFT) yang jika kempes atau bocor, mobil masih bisa melaju. Dan tak banyak diketahu jika kolong mobil juga dilapisi baja supaya kuat menahan ledakan, seperti granat.

Dan tentu saja, bobot mobil menjadi lebih berat dan spesifikasi standar pabrikan. Karena itu mobil kepresidenan rata-rata juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar untuk mengimbangi bodynya agar bisa melaju normal di aspal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)