home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Jokowi Pernah Usulkan Kijang Innova Jadi Mobil Kepresidenan! Begini Alasannya

Senin, 26 Agustus 2019 10:26 by reinasoebisono | 1545 hits
Ternyata Jokowi Pernah Usulkan Kijang Innova Jadi Mobil Kepresidenan! Begini Alasannya
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Telah diumumkan jika Presiden Joko Widodo nantinya akan mendapat unit baru mobil kepresidean Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil tersebut memang diketahui bukan jenis mobil baru karena sebelumnya sudah digunakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun siapa sangka jika ternyata Jokowi sempat mengusulkan mobil yang tidak sarat dengan kemewahan yaitu Toyota Kijang Innova untuk mobil kepresidenan. Jokowi beralasan mobil tersebut dirasa cocok untul blusukan ke berbagai tempat yang memang telah menjadi kebiasaannya.

Mobil ini sebenarnya juga akrab dengan Jokowi ketika masih menjabar sebagai Wali Kota Solo dan ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dan nyatanya hingga kini Jokowi masih suka kedapatan menumpangi Kijang Innova saat menghadiri beberapa acara.

Sebut saja ketika mengunjungi pameran otommotif roda dua di JCC, Senayan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, melansir laman Kompas. Namun kembali lagi ke mobil kepresidenan, tentu harus punya standar keamanan tinggi yang ditentukan oleh Sekretariat Negara, Paspampres dan Militer.

Baca juga: 'Belanja Aneh' Menhan Prabowo, Ada Dorongan Dari Presiden Jokowi?

Mobil dinas kepresidenan telah ada yang tahan peluru yang diciptakan pabrikan atau dimodifikasi lagi oleh perusahaan spesialis pembuat mobil berpelindung tinggi. Kaca mobil juga telah dibuat hingga dua lapis agar lebih kuat ketika mendapat hantaman dari luar, seperti peluru.

Standarnya, ban mobilnya pun harus menggunakan jenis run flat tire (RFT) yang jika kempes atau bocor, mobil masih bisa melaju. Dan tak banyak diketahu jika kolong mobil juga dilapisi baja supaya kuat menahan ledakan, seperti granat.

Dan tentu saja, bobot mobil menjadi lebih berat dan spesifikasi standar pabrikan. Karena itu mobil kepresidenan rata-rata juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar untuk mengimbangi bodynya agar bisa melaju normal di aspal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Perancis kini sedang menjadi sorotan dunia terkait kartun Nabi Muhammad yang kembali muncul di sana. Serta pernyataan presiden Emmanuel Macron tentang Islam yang menuai pro kontra sampai disebut hilang akal oleh presiden Turki, Erdogan....
  • HOT !
    Pada Sabtu (24/10) kemarin, Jusuf Kalla mendampingi penandatanganan naskah perjanjian kerja sama (PKS) pendirian dan pembangunan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia, yang disebutnya akan menjadi ikon baru Jakarta....
  • HOT !
    Sekarang ini internet seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat, bahkan ada yang menganggap dirinya tidak bisa hidup tanpa internet. Oleh karena itu kita pasti akan sangat merasa beruntung jika bisa mendapatkan koneksi internet gratis untuk waktu yang lama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)