home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sah! Kaltim Dipilih Jadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia, Ini yang Akan Pertama Dibangun

Kamis, 22 Agustus 2019 15:00 by reinasoebisono | 1240 hits
Sah! Kaltim Dipilih Jadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia, Ini yang Akan Pertama Dibangun
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Ibu Kota baru Republik Indonesia sudah dipastikan akan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur dan telah disampaikan oleh Menteri ATR Sofyan Djalil di Kemenko Perekonomian pada Kamis (22/8) hari ini.

Meski begitu, ia mengatakan belum bisa memberitahu lokasi spesifiknya. Namun telah disiapkan 3.000 hektar awal untuk pembangunan tahap pertama. Sementara luas keseluruhannya nanti akan sebesar 200-300 ribu Ha.

"Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," katanya. "Sehingga bisa bikin kota taman kota indah banyak tamannya orang bisa hidup sehat udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi,"

"Begitu diputuskan di mana lokasinya akan kita kunci, mungkin tiga ribu hektar core (inti). Pertama ya tentu (bangun) Kantor Presiden, Kantor Menteri, DPR," kata Sofyan

Baca juga: Wajib Tahu Deretan Bandara yang Terkena Gangguan Kabut Asap

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan jika calon ibu kota negara harus berada di tengah-tengah, artinya antara di Pulau Kalimantan atau di Sulawesi.

"Kita cari lokasi di tengah, memang di air, di Selat Makassar. Antara Kalimantan dan Sulawesi nah kita harus mikir Kalimantan Timur atau Sulawesi Barat," kata Bambang yang juga mengungkapkan Kalimantan adalah salah satu wilayah paling aman dilalui jalur bencana.

"Coba lihat peta Pulau Jawa banyakan merahnya, Sulawesi ketutupan merah, Maluku, Papua semua merah, yang hijau cuma di Kalimantan. Akhirnya kita memutuskan dari peta strategis adalah Kalimantan, karena risiko gempa kecil yang ada bencana asap kebakaran hutan, itu pun hanya beberapa area lahan gambut," jelasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)