SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Komentar Berbagai Pihak Soal Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan

Kamis, 22 Agustus 2019 15:30 by reinasoebisono | 448 hits
Komentar Berbagai Pihak Soal Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pulau Borneo atau Kalimantan resmi dipilih sebagai tempat didirikannya ibu kota baru Indonesia nantinya. Meski belum diungkap lokasi detailnya di mana, belakangan beredar desain ibu kota baru tersebut.

Via Liputan6, beberapa pihak memberi tanggapan soal desain ibu kota yang dikatakan mengedepankan konsep ruang terbuka atau Forest City tersebut, salah satunya adalah Ketua Sanggar Cinta Tanah dan Air Khatulistiwa, Syamhudi.

"Secara garis besar desain itu mengarah pada persentasi ruang terbuka hijaunya berbanding terbalik dengan peruntukan fisik bangunan," katanya

Syamhudi justru mengharapkan jika tuntutan 30% ruang terbuka hijau ke depannya akan ditambah 40%, bahkan jika perlu menjadi 50%. Aktivis lingkungan Kalimantan Barat itu menilai jika ibu kota baru Kalimantan nanti perlu memperhatikan bentuk struktur tanah dan ekologinya.

Baca juga: Indonesia Akan Punya Ibukota Baru, Lalu Kapan Titel 'DKI' Dicabut Dari Jakarta?

"Maksudnya tanpa harus memaksakan desain dan mengubah struktur awal tanah, misal bangunan solid, itu bisa mengurangi daya resap tanah," katanya.

Perlu juga memperhatikan pembangunan gedung pencakar langit. Karena jika lahan memeuhi, tak perlu lagi membangun gedung-gedung tinggi. Sementara itu tanggapan juga datang dari Pengamat Perkotaan Kalimantan Barat, Deman Huri yang mengatakan desain ibu kota perlu perhitungan matang. Termasuk akan potensi bencana alam yang sewaktu-waktu bisaterjadi.

Presidium Dewan Kehutanan Nasional, Glorio Sanen mengatakan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan perlu melibatkan pembicaraan yang intim dengan masyarakat adat setempat, apalagi mereka yang terdampak desain ibu kota yang baru itu. 

"Terkait pembebasan lahan sesuai komitmen Presiden Joko Widodo. Bukan ganti rugi tanpa ganti untung," kata Glorio Sanen yang juga berharap nantinya desain tersebut perlu mengadaptasi bentuk kearifan lokal sehingga masyarakat tidak asing di tengah tanahnya sendiri.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)