SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Pemicu Gempa Dangkal Sukabumi yang Ternyata Ada 43 Gempa Pendahuluannya

Rabu, 21 Agustus 2019 15:40 by reinasoebisono | 694 hits
Ini Dia Pemicu Gempa Dangkal Sukabumi yang Ternyata Ada 43 Gempa Pendahuluannya
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB.

Namun kedalamannya yang menjadi perhatian karena sangat dangkal, yaitu terjadi di kedalaman satu kilometer. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memperkirakan jika gempa dangkal itu dipicu oleh aktivitas sesar Citarik.

Mengutip Liputan6, titik gempa berada di darat dan dapat dirasakan hingga skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III. Meski begitu, gempa tersebut dikatakan Kepala Bidang Pusat Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Tiar Prasetya tidak berpotensi tsunami.

"Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.77 LS - 106.52 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman satu kilometer," kata Tiar.

Baca juga: Kondisi Terkini Setelah Gempa M 7.1 Maluku Utara dengan 89 Kali Gempa Susulan

Gempa tektonik dangkal tersebut dirasakan di wilayah Bogor dan Sukabumi dengan skala intensitas II-III, berdasarkan laporan dari masyarakat. Namun belum diketahui perihal laporan kerusakan bangunan sebagai dampak dari gempa bumi itu.

Namun berdasarkan monitoring atau pantauan BMKG terhitung sejak 10 Agustus 2019, terdapat 43 kali gempa pendahulu yang terjaidi di wilayah trsebut. Serta menunjukkan pula tiga aktivitas gempa bumi susulan alias aftershock.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Belakangan ini terlihat beberapa ular kobra memasuki permukiman warga. Sebelumnya diinformasikan juga ditemukan belasan anak kobra di Purwakarta....
  • HOT !
    Kabar baik bagi yang ingin menikmati liburan akhir tahun di luar kota dengan kendaraan pribadi. Pasalnya, tol Jakarta Cikampek (Japek) II telah diresmikan oleh presiden Jokowi pada hari ini (12/12)....
  • HOT !
    ‘Permisi’, ‘maaf’, ‘terima kasih’, merupakan sebagian kata untuk menunjukkan sikap sopan santun. Namun, studi menunjukkan bahwa generasi milenial menganggap sopan santun merupakan perilaku yang sudah ketinggalan zaman....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)