SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gimmick Keluarkan Smartphone di Pidato Sidang Tahunan, Jokowi 'Sentil' Dua Lembaga Sekaligus

Jumat, 16 Agustus 2019 19:26 by reinasoebisono | 5737 hits
Gimmick Keluarkan Smartphone di Pidato Sidang Tahunan, Jokowi 'Sentil' Dua Lembaga Sekaligus
Image source: Tirto

DREAMERS.ID - Jokowi memberikan gimmick menarik di pidato kenegaraannya saat sidang bersama DPD-DPR dengan secara tiba-tiba mengeluarkan ponsel dari sakunya. Dan usut punya usut, gimmick ini ternyata ‘menyentil’ dua lembaga negara.

Melansir Detik, Deputi Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP), Eko Sulistyo mengatakan gesture tersebut menyindir lembaga eksekutif dan legislatid. Jokowi mengeluarkan smartphone dari saku kiri celananya, dipegang dengan tangan kiri dan ditunjuk dengan tangan kanan.

Jokowi menyampaikan jika sebenarnya informasi dari Amerika, Rusia dan Jerman bisa diketahui dari sebuah ponsel pintar seperti yang dipegangnya. Dengan maksud, studi banding ke luar negeri sebenarnya tidak bersifat urgent bila informasi bisa diakses via teknologi informasi.

"Itulah gimik menarik Presiden untuk mengantarkan substansi," kata Eko.

"Presiden Jokowi bahkan sempat mengeluarkan handphone-nya sebagai simbol dunia digital saat ini sekaligus untuk menyentil program gaya lama yang sudah tidak efektif seperti kunjungan kerja yang sering dilakukan oleh anggota DPR dan eksekutif," lanjut Eko.

Baca juga: Foto-foto Jokowi di Lokasi Karhutla yang Sempat 'Tarik Urat' di Rapat Penanganan Kabut Asap Riau

Tentu saja yang kena ‘sentil’ bukan hanya eksekutif namun juga legislatif, di mana semua pihak harusnya bekerja secara efektif. Tujuannya tak lain adalah membalik keadaan dan melakukan lompatan kemajuan.

Tak lupa pula Jokowi mengenakan busana adat Sasak yang menegaskan kebijakan pembangunan Indonesia-sentris. Eko juga menuturkan jika Jokowi menyampaikan pesan agar Indonesia mengakhiri ketergantungan pada kekayaan sumber daya alam belaka yang selama ini tanpa sadar memanjakan dan melemahkan semangat juang bangsa.

Jokowi juga mengajak semua pihak bersiap menghadapi ancaman siber, mendorong penegak hukum, mampu mencegah pelanggaran, dan mendorong iklim yang kondusif untuk industri. BUMN juga diperintahkan Jokowi untuk segera menjadi pemain dunia pada tahun 2020-2024. Seperti ini ‘sentilan’ Jokowi di pidato tersebut:

"Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari smartphone kita," kata Jokowi. "Dan saya kira ini juga relevan untuk Bapak-Ibu anggota Dewan," tutur Jokowi kemudian, yang disambut tepuk tangan hadirin. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Misteri keberadaan penemuan benda misterius di kawasan revitalisasi Alun alun Kejaksan Cirebon masih belum terungkap. Pasalnya, pihak kontraktor maupun pemda setempat tidak memberi tahu di mana posisi terbaru benda misterius itu ditemukan....
  • HOT !
    Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang juga adalah politikus senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus suap dan gratifikasi oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)