SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Himbauan Waspada Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava

Senin, 12 Agustus 2019 10:45 by reinasoebisono | 813 hits
Himbauan Waspada Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Salah satu lokasi alam yang terkenal dan selalu diwaspadai yaitu Gunung Merapi dilaporkan mengeluarkan guguran lava ke sisinya yang membuat munculnya himbauan warga sekitar untuk meningkatkan kewaspadaan.

Melansir laman CNN Indonesia, gunung yang berlokasi di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengeluarkan tiga guguran lava kea rah hulu Kali Gendol pada Senin (12/8) pagi ini, masyarakat Kali Gendol pun diminta waspada.

Melalui keterangan resmi, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, menyebut tiga guguran lava itu memiliki jarak luncur 450-900 meter.

"Sehubungan semakin jauhnya jarak luncur awan panas guguran Merapi, BPPTKG mengimbau warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan," kata Hanik

BPPTKG juga mencatat adanya enam kali gempa guguran dengan amplitude 6-60 mm selama 47.8-89.76 detik, 1 kali gempa frekuensi rendah dengan amplitudo 7 mm selama 11.72 detik. Itu merupakan hasil pengamatan terhadap Gunung Merapi periode pukul 00.00-06.00 WIB.

Terjadi pula 1 kali gempa fase banyak dengan aplitudo 10 mm selama 11.72 detik, 1 kali gempa vulkanik dangkal amplitudo 40 mm selama 14.8 detik, dan 2 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 8-10 mm selama 109.16-129.72 detik.

BPPTKG juga menghimbau warga agar tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi karena asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 20 meter.

Sebelumnya, Gunung Merapi juga sempat meluncurkan empat kali guguran lava ke arah hulu Kali Gendol. Itu terjadi pada Senin pekan lalu (5/8).Hingga kini, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada. Kegiatan pendakian tidak direkomendasikan untuk sementara, kecuali untuk penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak Kementerian Perhubungan atau Kemenhub dilaporkan melakukan pemeriksaan terhadap pesawat milik maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air serta Batik Air. Pesawat dengan jenis Boeing 737 New Generation itu pun memberikan hasil cukup mengejutkan....
  • HOT !
    Alison French (57) adalah pemilik dari anjing Shih Tzu, bernama Looby yang telah berumur 14 tahun. Anjing milik Alison dikabarkan telah melawan kanker limfoma selama hampir tiga tahun, padahal sebelumnya, dokter mengatakan bahwa Looby hanya dapat bertahan selama beberapa minggu saja....
  • HOT !
    Setelah insiden penusukan yang menimpanya, Wiranto dikabarkan mendapatkan luka tusuk di usus. Maka, kerentanan infeksi dan kontaminasi yang disebabkan oleh luka tusukan akan jauh lebih besar. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deandeyy
Cast : - Oh Se Hun -Xi Lu Han - Han Ji Ae - Shin Min Hee

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)