home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Himbauan Waspada Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava

Senin, 12 Agustus 2019 10:45 by reinasoebisono | 931 hits
Himbauan Waspada Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Salah satu lokasi alam yang terkenal dan selalu diwaspadai yaitu Gunung Merapi dilaporkan mengeluarkan guguran lava ke sisinya yang membuat munculnya himbauan warga sekitar untuk meningkatkan kewaspadaan.

Melansir laman CNN Indonesia, gunung yang berlokasi di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengeluarkan tiga guguran lava kea rah hulu Kali Gendol pada Senin (12/8) pagi ini, masyarakat Kali Gendol pun diminta waspada.

Melalui keterangan resmi, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, menyebut tiga guguran lava itu memiliki jarak luncur 450-900 meter.

"Sehubungan semakin jauhnya jarak luncur awan panas guguran Merapi, BPPTKG mengimbau warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan," kata Hanik

Baca juga: Viral video Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Guguran, Apa Kata BPPTKG?

BPPTKG juga mencatat adanya enam kali gempa guguran dengan amplitude 6-60 mm selama 47.8-89.76 detik, 1 kali gempa frekuensi rendah dengan amplitudo 7 mm selama 11.72 detik. Itu merupakan hasil pengamatan terhadap Gunung Merapi periode pukul 00.00-06.00 WIB.

Terjadi pula 1 kali gempa fase banyak dengan aplitudo 10 mm selama 11.72 detik, 1 kali gempa vulkanik dangkal amplitudo 40 mm selama 14.8 detik, dan 2 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 8-10 mm selama 109.16-129.72 detik.

BPPTKG juga menghimbau warga agar tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi karena asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 20 meter.

Sebelumnya, Gunung Merapi juga sempat meluncurkan empat kali guguran lava ke arah hulu Kali Gendol. Itu terjadi pada Senin pekan lalu (5/8).Hingga kini, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada. Kegiatan pendakian tidak direkomendasikan untuk sementara, kecuali untuk penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)