home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Manisnya Para Marinir Indonesia Kenalkan Idul Adha Pada Tentara Amerika

Minggu, 11 Agustus 2019 23:00 by reinasoebisono | 1477 hits
Manisnya Para Marinir Indonesia Kenalkan Idul Adha Pada Tentara Amerika
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (Platex) diwarnai istirahat sejenak dengan merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu (11/8) hari ini. Uniknya, para tentara Indonesia mengenalkan hari raya umat Muslim tersebut pada tentara Amerika Serikat.

Mengutip Detik, momentum Idul Adha dimanfaatkan oleh para marinir TNI di Situbondo untuk mengenalkan tradisi Idul Adha kepada Marinir Amerika Serikat (USMC), lebih tepatnya di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Jabal Aqsha Puslatpurmar 5 Baluran. Usai salat, Marinir TNI AL melakukan penyembelihan beberapa hewan kurban. Sebagian hewan kurban dimasak menjadi makanan khas Indonesia. Yakni sate dan gule kambing.

Dan pada siang harinya, diadakan makan bersama Marinir TNI AL dan USMC di mana para tentara Amerika tersebut sangat antusias menyantap hidangan sate dan gule.

Baca juga: Masjidil Haram Tutup di Hari Idul Adha, Ibadah Haji Dilakukan Terbatas

Pengenalan tradisi perayaan Idul Adha oleh Marinir TNI AL disaksikan Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Komandan Satgas Latma Platex 2019. Turut hadir Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasi ps Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, dan para Marinir Amerika.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat kebersamaan Marinir kedua Negara. Khususnya yang tergabung dalam Latma Platex 2019," kata Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo dalam rilisnya.

Kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan kearifan lokal perayaan Idul Adha kepada Marinir Amerika. Kegiatan makan bersama seluruh prajurit yang tergabung Latma Platex 2019 merupakan bukti persaudaraan marinir (Marine Brotherhood). 

"Dengan begitu diharapkan seluruh prajurit semakin akrab sehingga dapat melaksanakan latihan dengan aman dan lancar," pungkasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)